foto3101

Tetap Kaya di Usia Senja

Agar masa tua Anda tak lagi dipusingkan oleh soal keuangan, pastikan Anda sudah tepat dalam mempersiapkan dana pensiun.

Sebelumnya, ada beberapa hal mendasar yang perlu kita ingat. Ketika Anda memasuki usia pensiun, berarti pemasukan setiap bulan dari gaji akan terputus. Bila tidak ada usaha lain atau pekerjaan sampingan, berarti kebutuhan sehari-hari di usia senja akan mengandalkan dana pensiun dari perusahaan atau kantor. Beberapa perusahaan ada yang memberikan dana pensiun sekaligus, ada yang diberikan setiap bulannya.

Usia pensiun umumnya adalah 55 tahun jika Anda bekerja di perusahaan swasta. Jika Anda dosen atau pakar dalam keahlian tertentu dan menjadi konsultan, masa pensiun bisa lebih lama, yaitu sekitar 65 tahun. Sementara itu, harapan hidup rata-rata orang Indonesia adalah sekitar 75 tahun. Jika Anda pensiun pada umur 55 tahun, berarti Anda perlu menyiapkan dana untuk sekitar 20 tahun lagi. Sementara itu, jika masa pensiun baru berakhir pada usia 65 tahun, maka dana untuk kebutuhan hidup perlu dipersiapkan untuk sekitar 10 tahun lagi.

Mari berhitung

Pada usia pensiun atau usia senja, mungkin Anda tidak lagi memikirkan soal biaya pendidikan anak, cicilan mobil, ataupun cicilan rumah. Minat untuk berbelanja atau berwisata ke luar negeri juga mungkin telah berkurang. Akan tetapi, justru dana kesehatan perlu semakin besar. Ancaman penyakit degeneratif membuat kita perlu mengalokasikan dana khusus untuk kesehatan. BPJS memang telah tersedia. Namun, untuk biaya kesehatan lain-lain yang tidak ditanggung oleh BPJS juga perlu diperhitungkan. Belum lagi jika ada kebutuhan mendadak lainnya dalam jumlah cukup besar. Misalnya, renovasi rumah.

Dana pensiun yang telah dialokasikan kantor atau perusahaan tempat bekerja mungkin terlihat besar untuk saat ini. Misalnya, 100 juta untuk masa kerja 10 tahun. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan inflasi. Katakanlah inflasi rata-rata adalah sekitar 5% per tahun. Jika kondisi ekonomi bagus, inflasi bisa di bawah 5%. Sebaliknya, jika kondisi ekonomi makro memburuk, inflasi bisa mencapai 10% atau bahkan lebih. Nilai uang saat ini mungkin akan 10 kali lebih rendah dibandingkan nilai uang 5 tahun mendatang.

Anda bisa menghitung jumlah kebutuhan biaya hidup per bulan pada masa pensiun sejak sekarang. Sebagai contoh, gaji per bulan Rp 10 juta. Umur saat ini 30 tahun. Dana pensiun yang dibutuhkan per tahun anggaplah sekitar Rp 200 juta setelah usia 55 tahun. Berarti dana pensiun yang dibutuhkan hingga usia 75 tahun adalah 20 (tahun) x Rp 250 juta atau total sekitar Rp 4 miliar. Kaget? Tak usah panik, kalau Anda mulai persiapkan sejak dini, Anda bisa memenuhi segala kebutuhan masa tua tersebut. Untuk itu, selagi masih muda, aktif, dan produktif, cermatlah mempersiapkan dana pensiun.

Pilah pilih investasi

Cara untuk mengembangkan dana, termasuk dana pensiun, adalah dengan berinvestasi. Investasi yang cukup mudah adalah deposito. Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga rata-rata 5% per tahun, tetapi angka ini fluktuatif, tergantung kondisi ekonomi dan kebjiakan tiap bank. Sayangnya, keuntungan tersebut bisa lebih kecil dari inflasi, sehingga nilai uang Anda tetap saja turun.

Investasi lain yang bisa lebih mengembangkan dana Anda adalah reksa dana. Reksa dana dapat memberikan retur atau keuntungan yang cukup besar, yaitu sekitar 10% atau bahkan lebih, tergantung dari pilihan reksa dana dan transaksinya. Anda bisa memulai reksa dana sejak sekarang hingga masa pensiun untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Cara lainnya adalah asuransi. Untuk usia senja, asuransi jiwa atau asuransi kesehatan sama baiknya. Anda perlu menyiapkan asuransi sejak dari sekarang. Perlindungan dari asuransi ini akan memberikan ketenangan pada usia senja.

Investasi dalam bentuk properti atau emas juga bisa dilakukan. Namun, mengingat usia senja lebih banyak membutuhkan dana untuk kehidupan sehari-hari, pilihan deposito dan reksa dana yang dicairkan pada usia senja akan lebih bermanfaat karena langsung bisa digunakan. Untuk itu, mulailah berinvestasi sejak sekarang untuk mempersiapkan dana pensiun pada masa mendatang. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments