foto3001

Yuk, Berhemat dalam Hal-hal Sederhana

Banyak orang mengatakan, hidup ini seperti roda. Kadang kita berada di posisi atas, kadang di bawah. Mungkin Anda saat ini tengah berada di posisi atas dalam kondisi yang serba berkecukupan. Namun, tidak ada yang bisa menduga hal yang terjadi pada hari esok. Nah, mawas diri dan berhati-hati menjadi penting, termasuk dalam hal pengeluaran keuangan.

Sangat mungkin terjadi, ada kebutuhan tertentu yang menyedot dana yang cukup besar serta membuat seseorang berpikir ulang dan mengutak-atik perhitungan keuangan. Misalnya, memulai berbisnis, kegagalan berbisnis, membeli properti baru, menyediakan dana sekolah untuk anak di luar negeri, atau membantu sanak saudara yang tertimpa musibah.

Menghadapi hal-hal semacam ini, seseorang perlu memutuskan langkah penghematan. Hal pertama adalah mengurangi pos-pos yang tidak begitu perlu. Misalnya, mengurangi intensitas belanja di mal dari sebulan empat kali menjadi sekali sebulan atau membatalkan piknik keliling Eropa. Anda perlu mencari pos-pos dengan pengeluaran terbanyak dan bukan pengeluaran prioritas. Setelahnya, penghematan di pos pengeluaran yang lebih kecil.

Berhemat setiap hari

Penghematan bisa Anda lakukan setiap hari, bahkan untuk hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Pertama, pengurangan pemakaian energi listrik. Ini bisa dimulai sejak pagi hari ketika membuka mata. Begitu bangun tidur, sebaiknya segera matikan lampu kamar tidur dan bagian luar rumah.

Matikanlah AC begitu meninggalkan rumah. Sejumlah orang teledor dengan berangkat ke kantor tanpa mematikan AC terlebih dulu dan dilakukan lebih dari sekali dalam sebulan. Bila tidak ada orang di rumah yang mematikan AC, jangan kaget bila tagihan listrik bulanan membengkak. Tidak hanya AC, peralatan elektronik lain sebaiknya dimatikan bila tidak digunakan. Misalnya, charger ponsel jangan biarkan tertancap di stop-contact tanpa ponsel. Lepaskan charger begitu pengisian daya ponsel usai.

Kedua, jika Anda adalah pemegang kartu kredit, batasilah penggunaannya. Tata (29), mengaku sempat terlena begitu memiliki kartu kredit dan berbelanja habis-habisan hingga batas limit kartu. Namun, saat ini prioritasnya berubah. Meskipun ia memegang kartu kredit, ia memberikan batas pemakaian Rp 1 juta per bulan.

Trik Tata ini bisa Anda lakukan. Atau bisa juga, jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, sebaiknya tutup kartu kredit yang jarang digunakan. Gunakanlah kartu kredit untuk hal-hal yang benar-benar perlu dan penting. Segeralah membayar tagihan kartu kredit tepat waktu agar tidak dikenai bunga. Meskipun bunga kartu kredit terbilang kecil, bila kebiasaan ini dilakukan hampir tiap bulan, pemborosan akan terjadi.

Ketiga, ketika berbelanja di suatu lokasi lebih dari sekali, pertimbangkan untuk memiliki kartu keanggotaan. Kartu keanggotaan atau kartu member pusat perbelanjaan atau minimarket terkadang dianggap sepele. Padahal, seseorang bisa mendapatkan keuntungan lebih ketika membayar pembelanjaan dengan menunjukkan kartu keanggotaan. Contohnya adalah poin bertambah tiap kali transaksi dengan jumlah nominal tertentu atau penawaran harga khusus atau diskon untuk barang tertentu.

Pembelanjaan sekecil apa pun, akan lebih baik jika dilakukan saat ada potongan harga. Misalnya, ketika membeli mi instan. Potongan harga Rp 500 mungkin tidak terasa jika hanya membeli satu bungkus. Namun, jika Anda membeli hingga 10 bungkus mi instan, potongan harga ini akan terasa manfaatnya.

Keempat, menggunakan kendaraan umum atau sarana transportasi publik juga bisa menjadi cara untuk berhemat. Alasannya jelas, Anda akan mendapatkan harga yang sangat terjangkau ketika menaiki kendaraan umum, seperti bus atau kereta commuter line. Sebagai gambaran, ketika menggunakan kendaraan pribadi, Anda perlu biaya untuk mengisi bahan bakar. Belum lagi biaya parkir ketika mendatangi suatu lokasi hingga berjam-jam.

Pada intinya, jika ingin berhemat, mengubah gaya hidup menjadi lebih sederhana adalah salah satu kuncinya. Cara lainnya adalah mencermati harga sebelum membeli. Anda mungkin pernah menemukan satu barang menarik dengan harga tertentu. Namun, janganlah terburu-buru membeli. Lebih baik, carilah perbandingan harga untuk produk serupa di internet. Bisa jadi Anda akan menemukan harga yang lebih murah. [KUL]

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments