foto2601

Trik Sukses Gelar “Garden Party”

Ingin menggelar pesta intim tetapi tidak ingin terkesan formal? Saatnya melirik garden party atau pesta taman. Tak susah, kok, menggelarnya.

Membuat pesta taman sepertinya mudah. Tinggal menata halaman depan, belakang, atau samping rumah dan mendekorasinya sesuai selera. Jika area rumah tidak memadai, Anda bisa mencari kafe, restoran, atau hotel yang menyewakan area taman sebagai lokasi pesta.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggelar pesta taman, baik untuk pesta ulang tahun, pesta ulang tahun pernikahan, atau pesta pernikahan.

Tamu dan kapasitas

Berapa jumlah tamu yang diundang dalam pesta? Anda perlu mengetahui luas taman yang dijadikan venue pesta. Semakin luas area taman, semakin banyak tamu yang bisa diundang. Meskipun demikian, kapasitas venue taman untuk pesta tetap tidak sebanyak gedung serbaguna atau ballroom hotel.

Perhatikan juga kategori tamu yang diundang. Jika tamu yang diundang kebanyakan anak-anak, pesta taman adalah konsep yang cocok. Akan tetapi, pastikan anak mempunyai ruangan yang leluasa untuk bermain. Pedoman untuk menentukan kapasitas area untuk pesta adalah dua kali tamu. Jadi, ketika Anda mengundang 50 orang untuk pesta, venue paling tidak bisa mengakomodasi 100 orang.

Dekorasi

Elemen dekorasi untuk pesta taman biasanya lebih sederhana. Tetap saja, Anda perlu menentukan tema dekorasi untuk pesta. Misalnya, rustic yang bernuansa kayu atau shabby chic yang bernuansa putih dengan bebungaan. Konsep pesta ini akan membantu dalam menentukan detail dekorasi.

Untuk jenis dekorasi, pesta taman kerap identik dengan hiasan dari bunga-bunga segar, dedaunan hijau, ranting kayu, atau unsur alam lainnya. Untuk penerangan, cahaya alami dari sinar matahari cocok untuk penerangan siang hari. Untuk malam hari, jenis penerangan bisa menggunakan lilin, obor buatan dari botol, atau tatanan lampu-lampu kecil dengan tambahan lampu sorot.

Bagian-bagian penting yang perlu mendapat dekorasi lebih antara lain area pintu masuk pesta taman, pelaminan atau panggung, dan tiap meja. Anda bisa mengkreasikan layaknya gapura dari tanaman hijau yang bersulur dengan bunga-bunga pada pintu masuk. Area panggung utama atau pelaminan bisa didekorasi paling indah. Sementara itu, di tiap meja, letakkan centerpiece atau rangkaian bunga dalam vas atau gelas kaca bening sebagai pemanis. Bunga-bunga juga bisa disematkan di salah satu sudut tiap kursi.

Penunjang

Perlengkapan penunjang juga perlu dicermati. Misalnya, sound system, tambahan daya listrik untuk pengaturan suara dan penerangan, penutupan kabel-kabel yang berserakan di lantai, serta jumlah meja dan kursi yang memadai.

Anda juga perlu mengantisipasi datangnya hujan. Pesta taman atau garden party umumnya berlokasi di luar ruangan. Iklim di Indonesia yang tidak menentu antara musim kemarau dan musim hujan seperti saat ini bisa membuat hujan turun sewaktu-waktu. Sebagai antisipasi, Anda tetap menyiapkan lokasi cadangan di dalam ruangan yang beratap seperti di dalam rumah atau area venue yang terlindung lainnya. Dengan begitu, pesta taman tetap terselenggara dengan lancar. Anda dan para tamu pun senang. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments