ilustrasi1801

Cara Membuat Anak Senang Belajar

Anak yang susah disuruh belajar kadang bisa membuat orang tua frustasi. Padahal asal Anda tahu trik-nya, waktu belajar dapat dibuat seru sehingga anak bisa dengan senang hati melakukannya.

Jangan langsung marah-marah bila anak Anda menolak untuk belajar. Anak tidak mau atau enggan belajar karena memiliki alasan tersendiri. Bisa jadi karena mereka terlalu lelah dengan aktivitas harian atau pikiran mereka sudah terlalu penuh dengan pelajaran, baik di sekolah maupun tempat les. Jika memang anak Anda perlu belajar lagi di rumah, Anda harus memikirkan berbagai trik untuk membujuk anak belajar.

Perhatikan gaya belajar anak

Sebagai individu, anak memiliki sifat dan kepribadian masing-masing. Hal tersebut akan membentuk gaya belajar anak. Artinya, anak bisa lebih menangkap pelajaran lewat caranya sendiri. Tidak semua anak bisa belajar dengan duduk diam dan membaca. Inilah beberapa gaya belajar anak, silahkan cermati manakah yang kira-kira sesuai dengan anak Anda.

Gaya belajar dengan membaca. Jika anak suka membaca, berikan buku-buku bacaan yang mendukung belajarnya. Ajak anak ke toko buku setidaknya sekali seminggu.

Gaya belajar visual. Bila anak Anda senang belajar dengan melihat gambar, berikan deskripsi dengan memberikan bentuk nyata. Jangan salah, buku bergambar bisa juga menjadi buku pelajaran yang baik bagi anak.

Gaya belajar audio. Anak suka mendengarkan suara? Mungkin anak Anda lebih mudah menangkap pelajaran bila pelajaran tersebut diverbalkan. Anda bisa membantunya belajar dengan mengajak anak Anda merekam suaranya sendiri, terkait materi pelajaran, lalu mendengarkannya.  Atau biarkan anak membaca materi pelajaran keras-keras agar hapal.

Gaya belajar kinetis. Ada, lho, anak yang lebih mudah menangkap pelajaran ketika melakukan praktik langsung dan dengan beraktivitas. Untuk menghadapi anak yang memiliki gaya belajar seperti ini, berikan ruang gerak yang leluasa. Misalnya, membebaskan anak belajar di taman belakang rumah. Biarkan anak bereksperimen setelah melihat video di Youtube jika itu membantu proses belajarnya. Intinya adalah Anda bisa membebaskan anak dalam memilih gaya belajarnya.

Lingkungan yang mendukung

Selain mengetahui gaya belajar anak, Anda juga sebaiknya menyediakan ruangan atau tempat khusus untuk belajar. Jika Anda mempunyai perpustakaan keluarga, manfaatkan area ini sebagai ruang belajar anak. Selain perpustakaan keluarga, kamar anak juga bisa menjadi lokasi privat untuk belajar.

Kondisikanlah agar suasana belajar nyaman. Misalnya, meletakkan karpet tebal dan bantal-bantal agar anak bisa belajar sesuka hati. Pastikan agar ruang belajar mempunyai penerangan yang cukup, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Anda juga bisa memberikan peranti pendukung. Misalnya, akses ke internet dengan komputer atau tablet. Akan lebih baik jika akses internet juga diberi filter dan tekankan pada anak untuk belajar terlebih dulu sebelum memainkan gadget.

Banyak orangtua mengeluh bahwa anak sekarang lebih bebas dan cenderung susah diatur. Untuk itu, agar anak mau belajar, buatlah kesepakatan dengan anak. Misalnya, anak boleh menonton televisi setelah menyelesaikan belajar 2 mata pelajaran. Bisa juga dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berseluncur di internet asalkan materi yang didapatkan berguna untuk mendukung belajar. Jika anak melanggar kesepakatan, Anda bisa memberikan konsekuensi. Misalnya, hari esok jam belajar bertambah atau anak tidak mendapat jatah makanan favorit seperti es krim selama sebulan.

Paling penting adalah memberikan pemahaman pada anak bahwa belajar itu penting untuk masa depannya. Anak perlu belajar keras bukan semata untuk membahagiakan orangtua melainkan agar memperoleh kesempatan yang baik di masa depan, terutama dalam berkarier sesuai harapan dan impian anak.

Jika anak mempunyai banyak kegiatan, bantulah agar anak bisa memanajemen waktu dengan baik. Bila anak telah bisa mengatur waktunya, Anda bisa membebaskan anak untuk membagi-bagi antara waktu belajar, les, dan bermain. [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments