foto1601

Keuntungan Investasi Mata Uang Asing

Bila dilakukan untuk alasan yang tepat, investasi mata uang asing bisa mendatangkan berbagai keuntungan. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan berinvestasi mata uang asing.

Tujuan berinvestasi tentu ingin mengembangkan dana yang kita miliki agar terus tumbuh dan memberikan keuntungan. Begitu pula yang diharapkan ketika Anda berani berinvestasi mata uang asing. Ketidakstabilan nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing diharapkan bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Siapa yang cocok berinvestasi

Meskipun memang bisa mendatangkan keuntungan, investasi mata uang asing akan lebih cocok untuk beberapa orang. Salah satunya bagi Anda yang ingin menyekolahkan anak ke luar negeri atau berencana mencari lowongan pekerjaan di luar negeri.

Investasi mata uang asing juga cocok untuk Anda yang sering bepergian ke sejumlah negara. Anda tidak perlu repot-repot mencari tempat penukaran mata uang asing setiap kali bepergian. Anda tinggal mengambil mata uang asing dari tabungan sendiri. Anda pun tidak perlu lagi memikirkan nilai tukar saat itu.

Berinvestasilah pada mata uang asing jika Anda juga kerap melakukan transaksi dagang dengan sejumlah negara. Jika Anda juga berencana membangun bisnis yang melibatkan pembayaran dengan mata uang asing, sebaiknya siapkan mata uang asing dalam jumlah yang telah diperhitungkan.

Pilihan mata uang

Keuntungan investasi mata uang asing didapat dari margin selisih pembelian dan penjualan mata uang asing tersebut. Semakin besar pembelian mata uang asing tersebut maka margin keuntungannya juga bisa lebih besar. Misalnya, margin dari pembelian dan penjualan mata uang dollar AS mungkin akan terasa sedikit jika dihitung per 1 dollar. Untuk itu, pembelian dollar sebaiknya minimal 100 dollar AS. Keuntungan akan semakin besar bila pembelian lebih dari 100 dollar.

Anda bisa berinvestasi pada mata uang asing yang cenderung stabil dan mempunyai peluang jual beli serta penggunaan yang cukup tinggi. Mata uang dollar AS adalah salah satunya. Selain dollar AS, mata uang lainnya yang bisa menjadi opsi investasi antara lain dollar Australia dan dollar Singapura.

Kedua mata uang ini sesuai bagi Anda yang baru memulai investasi dengan mata uang asing. Selain karena kedekatan geografis yang memungkinkan penggunanya lebih besar, dollar Singapura dan dollar Australia juga mempunyai nilai tukar yang bagus terhadap rupiah serta cenderung stabil.

Mata uang lainnya yang menarik dijadikan investasi adalah euro, poundsterling, dan yuan. Yuan, mata uang Tiongkok, mulai diperhitungkan belakangan ini. Perekonomian Tiongkok yang terus berkembang dengan nilai perdagangan yang diperhitungkan membuat mata uang yuan diingat sebagai mata uang yang berlaku internasional layaknya dollar AS.

Anda bisa membuka rekening khusus di bank untuk menyimpan mata uang asing. Akan tetapi, tidak semua bank melayani rekening khusus untuk mata uang asing. Sekalipun ada, mata uang yang diterima umumnya adalah dollar AS. Anda bisa menabung seperti biasa atau dalam bentuk deposito dan reksadana. Besaran bunga untuk investasi mata uang asing bervariasi, tergantung dari kebijakan bank, dan biasanya berbeda dengan tabungan rupiah.

Investasi mata uang asing terkait dengan kondisi ekonomi makro. Pertimbangkan baik-baik dan galilah informasi lebih mendalam sebelum memutuskan jenis investasi mata uang asing yang diinginkan. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments