ilustrasi1301

Mengenali Tanda-Tanda Mobil Bermasalah

Peka terhadap kondisi mobil bisa membuat Anda terhindar dari biaya yang membengkak karena kerusakan mobil yang lebih parah. Kenali tanda-tanda mobil mulai minta perhatian.

Merawat kondisi mobil tak hanya cukup dengan mencuci dan memeriksa bagian bodi. Servis mobil lengkap secara berkala juga tidak menjamin mobil selalu dalam kondisi prima. Anda pun perlu peka mengenali anomali-anomali selagi mobil dikendarai. Inilah beberapa masalah yang perlu Anda waspadai.

Pertama, mesin mobil sulit dinyalakan. Biasanya ini terjadi pada pagi hari. Bila ditelusuri, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Salah satunya, permasalahan pada aki (accu) seperti bagian aki yang kotor dan longgar. Bisa juga akibat tegangan listrik di aki habis atau minim. Masalah pada aki juga bisa menyebabkan mesin mobil mati-hidup beberapa kali saat di-starter. Selain akibat aki, masalah ini juga bisa dipicu oleh busi, regulator, injektor, dan masalah pengapian.

Kedua, mobil bergetar saat dikendarai. Ada beberapa kemungkinan pemicunya. Di antaranya adalah masalah pada karburator, selang yang bocor, atau jenis bahan bakar tidak sesuai dengan spesifikasi mesin atau bahan bakar berkualitas lebih buruk.

Laju mobil yang tersendat-sendat saat dikendarai juga bisa dipicu oleh sejumlah hal. Beberapa di antaranya, oli bocor atau kondisi oli telah memburuk dan perlu diganti. Ini banyak terjadi pada mobil bertransmisi manual. Penyebab lainnya adalah permasalahan pada busi yang aus, selang injektor yang tersumbat, dan karburator.

Ketiga, munculnya bunyi seperti benturan ketika mobil melintasi medan yang berbatu atau berlubang. Bebunyian ini biasanya diikuti kendali mobil yang tidak stabil ketika berbelok cepat. Kemungkinan penyebabnya adalah shock breaker yang rusak.

Keempat, tuas yang sulit digeser pada mobil bertransmisi otomatis. Penyebabnya bisa akibat komponen pengereman bermasalah sehingga tuas tidak bisa digerakkan atau diubah posisinya sebagai langkah pengamanan. Bisa juga akibat kabel-kabel penghubung transmisi otomatis telah rusak.

Kelima, munculnya bebunyian asing yang muncul ketika mesin mobil dihidupkan atau dikendarai. Mobil yang bermasalah juga mengalami kendala seperti tersendat-sendat atau kasar atau mudah mati ketika melaju. Jika mobil mengalami masalah ketika dikendarai, sebaiknya tepikan mobil. Selanjutnya, segera hubungi bengkel terdekat jika telah muncul tanda-tanda mobil bermasalah agar mobil bisa diperbaiki tanpa menunggu menjadi parah.

Cara paling mudah mengenali masalah pada mobil adalah dengan memperhatikan lampu indikator. Jika lampu indikator aki menyala, berarti terjadi masalah pada kelistrikan mobil. Misalnya, kabel-kabel yang terlepas atau performa aki yang menurun. Jika lampu indikator oli menyala, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Misalnya, oli berkurang, oli tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil, saringan oli yang aus, atau kondisi oli yang memburuk. [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments