penyakit gigi

Berbagai Masalah Gigi dan Gusi yang Perlu Diwaspadai

Penyakit yang menyerang gigi dan area mulut cukup banyak. Beberapa ada yang perlu Anda waspadai karena bisa mematikan.

Masalah gigi bukan hanya gigi yang berlubang. Semua bagian pada area gigi dan mulut bisa terserang penyakit. Rasanya? Tentu saja sakit sekali. Ini karena dalam area gigi dan mulut terdapat saraf-saraf tertentu yang terhubung dengan otak. Saraf dan pembuluh darah ini terdapat pada lapisan struktur gigi yang disebut pulpa. Jika terjadi peradangan atau infeksi yang mengenai pulpa, rasa nyeri dan ngilu bisa terasa mulai dari gigi hingga kepala.

Daripada hanya sibuk mengeluh betapa nyerinya sakit gigi, yuk kita kenali beberapa masalah gigi dan mulut yang bisa menyerang. Dengan lebih mengenalinya, Anda bisa mengatasinya sejak dini sebelum berkembang menjadi lebih berbahaya.

Sariawan. Inilah salah satu gangguan kesehatan yang mudah menyerang area mulut dan sekitar gigi. Banyak orang menganggap sariawan disebabkan karena kekurangan vitamin C. Padahal, sariawan juga bisa menjadi indikasi daya tahan tubuh yang menurun, akibat pemakaian gigi palsu, konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin, kebersihan area gigi dan mulut kurang terjaga, atau gara-gara tergigit.

Radang gusi. Juga biasa disebut gingivitis. Penyebabnya beragam, diantaranya kebiasaan menggosok gigi keras-keras, kebersihan area sekitar gigi dan mulut yang kurang terjaga, ketidakseimbangan hormon, kebiasaan merokok, serta efek dari sejumlah penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes.

Tumor dan kanker mulut. Sel-sel kanker bisa berkembang di area seperti gusi, dinding mulut, langit-langit mulut, lidah, dan bibir. Sel-sel kanker yang bersifat parasit, liar, dan tidak terkendali ini bisa mengancam keselamatan jiwa.

Penyebab tumor dan kanker belum bisa dipastikan. Kemungkinan penyakit ini dipicu oleh kurang terjaganya kebersihan area gigi dan mulut, pencabutan gigi yang kurang tepat, kebiasaan merokok, dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan.

Gejala-gejala kanker bisa dikenali dari tanda-tanda seperti sakit tenggorokan terus-menerus, munculnya benjolan di sekitar area mulut, sariawan yang tidak sembuh-sembuh, lidah sakit dan sulit berbicara, serta muncul bercak-bercak mencurigakan di sekitar area mulut. Jika Anda menemukan tanda-tanda gangguan kesehatan di sekitar area gigi dan mulut yang tidak wajar, segera konsultasikan ke dokter.

Gejala-gejala gangguan kesehatan di area seputar gigi dan mulut sebenarnya bisa dikenali sejak dini, bahkan risikonya bisa diminimalkan. Caranya tidak lain adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi. Sikatlah gigi dengan cara yang tepat agar benar-benar bersih, berkumur sebelum dan sesudah menyikat gigi, menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin, serta menghindari rokok.

Ajarkan anak-anak untuk merawat giginya sejak masih kecil. Begitu anak Anda telah tumbuh gigi, ajarkan mereka untuk menyikat dan merawat gigi. Sehabis makan dan sebelum tidur, ajarkan anak agar rutin menyikat gigi dengan benar. Jadikan aktivitas menyikat gigi sebagai aktivitas yang menyenangkan dan ringan. Dukunglah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi untuk mendukung daya tahan tubuh serta menguatkan gigi dan gusi.

Gigi dan mulut sangat membantu kita dalam bicara dan mengonsumsi makanan. Senyum dengan gigi yang sehat pun bisa meningkatkan penampilan Anda. Karena itu, beri perhatian lebih pada kesehatan gigi dan mulut agar Anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit, sekaligus bisa tersenyum manis. [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments