beli mobil

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

Mobil bukanlah barang murah, nilainya pun bisa terus menurun. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil, agar tidak menggerogoti keuangan Anda.

Mobil bisa menjadi sebuah kebutuhan ketika Anda memerlukan alat transportasi yang nyaman untuk mobilisasi. Apalagi bila Anda ingin bepergian bersama keluarga. Namun membeli mobil tak sesederhana memilih gadget. Karena harganya yang memang tidak murah, Anda harus benar-benar pintar memilih. Tidak cermat memilih bisa mendatangkan kerugian di kemudian hari. Berikut hal-hal yang wajib Anda perhatikan.

Pertama, spesifikasi mobil. Kaitannya tidak hanya seputar fitur-fitur dalam mobil, permesinan, suspensi, dan sebagainya. Akan tetapi, hal paling awal yang perlu dipertimbangkan antara lain jenis mobil yang diperlukan. Kebutuhan akan menentukan jenis mobil.

Jika Anda telah berkeluarga dan ingin membeli mobil untuk transportasi sehari-hari, mobil dengan kapasitas 4 orang atau lebih seperti mobil jenis MPV bisa jadi pilihan. Bila Anda memerlukan mobil untuk mobilitas kerja, misalnya untuk menghadiri meeting dengan klien, city car yang mungil namun nyaman bisa dipertimbangkan. Karena mobil ini mudah untuk diparkirkan.

Namun, bila Anda membutuhkan mobil untuk bisnis dan perlu banyak mengangkut barang, pilih mobil boks atau pick up. Jika Anda banyak bekerja di lapangan dengan medan jalan berat seperti berbukit-bukit, terjal, dan penuh bebatuan, mobil four wheel drive (4WD) paling sesuai.

Kedua, body dan permesinan mobil. Jika Anda telah tahu jenis mobil yang diperlukan, galilah informasi seputar jenis mobil yang diinginkan. Bandingkan tipe mobil yang disasar dengan tipe mobil serupa. Bandingkan mulai dari harga hingga spesifikasinya.

Ajaklah teman atau kerabat yang memahami seluk beluk otomotif. Anda memang bisa menanyakan banyak hal seputar mobil pada sales di dealer. Namun, masukan dari kenalan serta pencarian informasi yang dilakukan sendiri akan membantu.

Jangan lewatkan test drive. Menjajal mengendarai mobil sendiri akan membuat Anda benar-benar merasakan pengalaman berkendara. Anda bisa mengenali sisi kenyamanan sekaligus kekurangannya.

Ketiga, biaya. Membeli mobil biasanya membutuhkan biaya yang cukup tinggi, mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. Anda perlu menyiapkan dana yang cukup, paling tidak untuk pembayaran uang muka jika ingin membeli mobil secara kredit. Carilah informasi mengenai skema pembayaran cicilan mobil. Perhitungkan besaran bunga dan kemampuan finansial untuk melunasi pembayaran.

Perhitungan pembiayaan lainnya juga mencakup tentang servis rutin dan suku cadang. Jika suku cadang mudah didapat dan lokasi servis resmi mudah dijangkau, tentunya ini akan memudahkan. Sebaliknya, jika suku cadang langka dan lokasi servis jauh dari tempat tinggal atau lokasi kerja, sebaiknya pikirkan ulang. Anda juga perlu mengenali jenis bahan bakar serta pelumas yang sesuai.

Pertimbangkan juga purna jual mobil yang akan dibeli. Begitu pula dengan perkiraan pajak tahunan mobil, bahan bakar yang diperlukan, biaya perawatan rutin, serta asuransi.

Membeli mobil lebih dari sekadar memilih dan membayar. Anda perlu memikirkan nilai nominal dan nilai intrinsiknya. Sebandingkah harga mobil dan biaya perawatan maupun perbaikannya dengan fungsinya sebagai alat berkendara. Jangan sampai Anda membeli mobil hanya demi gengsi. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments