anak

Cara Seru Ajarkan Anak Berbahasa Asing

Kecerdasan berbahasa bisa menjadi modal kesuksesan anak. Inilah cara-cara seru untuk mengenalkan anak pada bahasa asing.

Di jaman sekarang, menguasai satu bahasa asing sepertinya adalah hal wajib, terutama bahasa Inggris. Agar fasih berbahasa asing, sejumlah orangtua biasanya memperkenalkan dua bahasa sekaligus ketika anak masih kecil. Bahkan, ada orangtua yang mengajarkan dua bahasa begitu anak mulai berkata-kata atau berusia balita. Sebagian anak mungkin telah memahami bahwa dia mempelajari dua bahasa. Namun, ada juga anak yang kebingungan membedakan dua bahasa yang dipelajarinya dan tidak tahu waktu tepat untuk menggunakan dua bahasa yang dipelajari bersamaan.

Langkah paling tepat adalah memperkenalkan bahasa ibu terlebih dulu. Jika Anda terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di rumah, jangan memaksakan anak berbahasa Inggris. Lebih baik ajarkan bahasa Indonesia dulu hingga fasih. Namun jika Anda terbiasa menggunakan bahasa daerah di rumah seperti bahasa Sunda atau Jawa, tak masalah mengajarkan bahasa tersebut ke anak Anda. Yang paling penting, sebelum anak masuk sekolah, pastikan anak telah menguasai bahasa Indonesia.

Barulah setelah mengajarkan bahasa ibu, anak diajak mempelajari bahasa baru. Bagaimana jika anak kurang berminat menguasai bahasa asing? Perlu sedikit trik agar anak tertarik. Sari (33), warga Pamulang, mengajarkan bahasa asing dengan memutarkan lagu-lagu anak berbahasa Inggris untuk anaknya.

Tak jarang Sari juga menyanyikan lagu anak-anak berbahasa Inggris ketika membuai anaknya. Meskipun berniat mengajarkan bahasa Indonesia untuk pertama kalinya, Sari ingin agar anaknya terbiasa mendengar kata-kata dalam bahasa Inggris lewat lirik lagu.

Cara Sari ini bisa Anda tiru. Cara lainnya adalah dengan membacakan buku cerita anak-anak yang bergambar dalam bahasa Inggris. Anak-anak biasanya menyukai gambar yang berwarna-warni. Ketika anak tertarik dengan sesuatu, mengajarinya akan lebih mudah.

Jika anak telah fasih berbahasa ibu dan tengah belajar berbahasa asing seperti bahasa Inggris, cobalah mengajak anak berbincang ringan dengan bahasa Inggris mulai dari percakapan sederhana. Misalnya, mau makan apa atau menanyakan ada pekerjaan rumah (PR) atau tidak. Anak pun akan terpancing untuk lebih menguasai berbahasa Inggris agar bisa bercakap-cakap.

Cara seru belajar bahasa Inggris juga bisa melalui permainan. Contoh permainan yang mengasah kemampuan berbahasa Inggris adalah scrabble. Namun, Anda juga bisa mengajak anak berbahasa Inggris ketika bermain bola bersama atau ketika sedang berenang. Aktivitas sederhana semacam ini jika diulang akan mendorong kefasihan. Cara serupa juga bisa Anda terapkan untuk bahasa asing lainnya. Tentu saja, yang terpenting adalah Anda juga menguasai bahasa asing tersebut.

Bahasa adalah alat komunikasi. Asalkan anak telah menguasai bahasa percakapan sehari-hari dan bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan baik dan sopan, ini sudah cukup. Dalam perkembangan selanjutnya, anak bisa mempelajari bahasa asing untuk melatih kemampuannya seiring dengan bertambahnya usia. [KUL]

 

Foto Ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram@ETALASEBINTARO

Comments

comments