kue natal

Cara Mudah Menghias Kue ala Natal

Kue-kue khas Indonesia bisa disulap agar sesuai dengan tema Natal. Caranya sederhana, hanya butuh sedikit trik dalam mendekorasinya.

Layaknya sebuah perayaan, Natal juga memiliki hidangan khas. Pilihannya beragam, mulai dari tart, yule log atau bouche de noel, dan kue jahe atau gingerbread. Jika mencari tahu tentang kue-kue ini, Anda akan menemukan informasi bahwa kue-kue ini berasal dari sejumlah negara. Misalnya Jerman, Perancis, dan Belanda. Bagaimana dengan kue-kue khas Indonesia?

Di Indonesia, sebenarnya tidak ada kue khusus yang biasa disajikan saat Natal. Kita lebih sering menjumpai kue-kue kering seperti pada perayaan hari besar lainnya. Akan tetapi, bukan tidak mungkin jika kita mengkreasikan kue-kue lokal tersebut menjadi kue-kue bertema Natal. Asalkan lezat, pasti akan diserbu teman dan kerabat.

Contoh kue-kue lokal yang bisa ditampilkan agar sesuai tema Natal adalah bolu kukus, bolu meranti, bika ambon, dan lapis surabaya. Kuncinya adalah pada dekorasi dan elemen-elemen khusus yang bernuansa Natal.

Bermain di dekorasi

Soal dekorasi, Anda bisa menggunakan fondant untuk membentuk figur-figur khas Natal. Misalnya, Sinterklas, gingerbread, boneka salju atau snowman, pohon natal, pohon cemara, rusa kutub, candy stick, dan rangkaian daun holly. Aplikasikan fondant dalam bentuk unik ini untuk menghiasi kue-kue lokal. Keluarkan kreativitas Anda untuk menciptakan tampilan hiasan yang istimewa.

Agar kesan Natal lebih kuat, pilihlah warna-warna dekoratif yang bertemakan Natal. Warna-warna Natal biasanya merah, hijau, dan putih. Untuk kesan mewah, Anda bisa menambahkan sentuhan gold (keemasan) dan silver (keperakan) pada kue-kue Natal. Warna putih biasanya digunakan untuk menggambarkan putihnya salju. Merah dan hijau melambangkan cerianya pohon natal yang berwarna-warni.

Untuk hiasan lainnya, Anda bisa menambahkan lonceng, bola-bola warna-warni, snowflakes atau kepingan salju. Anda bisa meletakkannya di atas kue. Bisa juga menghiasi piring atau wadah kue lainnya dengan hiasan-hiasan Natal. Kue-kue yang bernuansa putih juga kerap dipilih sebagai kue Natal. Bisa juga kue berbahan cokelat. Tinggal tambahkan gula putih bubuk di atasnya untuk mengesankan salju.

Kue lapis surabaya paling mudah dibentuk menjadi kue layaknya tart Natal. Anda bisa melapisinya dengan krim sesuai selera atau fondant. Kue bolu gulung dan bolu meranti juga bisa diubah tampilannya agar mirip yule log. Potong bolu gulung menjadi dua bagian. Selanjutnya, Anda bisa melapisi kue-kue ini dengan krim cokelat dan menghiasinya dengan sprinkles warna-warni dan taburan gula bubuk.

Bagaimana dengan kue-kue kering? Ini lebih mudah lagi. Anda bisa memilih gingerbread jika memang ingin suasana khas Natal lebih lekat. Namun, kue-kue lain seperti lidah kucing dan nastar juga bisa dikreasikan agar bertema Natal. Gunakan cetakan kue berbentuk pohon cemara atau lonceng. Atau Anda bisa menghias lidah kucing dengan icing sugar layaknya gingerbread.

Kue kering putri salju pun hampir tidak perlu banyak usaha lebih agar tampil bernuansa Natal. Anda hanya perlu menaburi bagian atas kue putri salju dengan sprinkles. Atau jika tidak ingin bersusah payah, Anda cukup menghiasi tiap toples kue kering dengan hiasan serba Natal. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments