diskon akhir tahun

Strategi Belanja di Tengah Surga Diskon

Menjelang akhir tahun dan perayaan Natal banyak pusat perbelanjaan memberi diskon, pun situs belanja online. Siapkan strategi jitu agar Anda bisa benar-benar mendapat untung dari lautan diskon yang ditawarkan.

Kami paham, pasti sejumlah tag diskon yang bergelantungan di pusat perbelanjaan menggoda iman. Sayang rasanya melewatkan kesempatan mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Pastilah ekonomis jika berbelanja saat itu, mungkin itu pikir Anda. Namun, jangan salah. Alih-alih berhemat, Anda malah bisa terjerumus pada pembelanjaan yang gila-gilaan. Akhirnya, ya boros juga.

Beberapa barang yang didiskon bisa jadi sudah mendapat kenaikan harga, jadi sebenarnya barang tersebut dijual dengan harga biasa. Kemungkinan lain, barang yang didiskon adalah produk cacat atau rejected product. Untuk menghindari produk yang “zonk,” Anda harus lebih jeli saat berbelanja. Perhatikan beberapa langkah berikut.

Analisis kebutuhan. Cermati kebutuhan pada akhir tahun ini. Perlukah membeli baju baru? Seberapa banyak berbelanja makanan? Adakah kebutuhan yang mendesak? Jika Anda dan keluarga memiliki rencana liburan akhir tahun, tentu alokasi dana untuk berbelanja tidak perlu terlalu banyak.  Barang-barang yang dibeli pun secukupnya saja atau belilah barang-barang yang diperlukan untuk liburan.

Menyusun daftar belanja. Banyak orang menyepelekan hal ini dan berpendapat mengingat hal yang perlu dibelanjakan pasti sudah cukup. Nyatanya, tanpa daftar belanja, seseorang bisa impulsif dalam berbelanja, membeli barang-barang yang kurang perlu. Akibatnya, jumlah pembelanjaan membengkak dari yang seharusnya.

Survei. Ini yang kerap dilupakan. Bila melihat sebuah sepatu didiskon di suatu pusat perbelanjaan, jangan girang dulu. Cobalah membandingkan dengan pusat perbelanjaan lain, atau ke gerai merek sepatu tersebut. Lihat apakah harganya memang lebih murah setelah diskon, atau bahkan sama dengan harga aslinya. Lebih bagus lagi bila Anda sebelumnya sudah tahu harga sepatu tersebut di pasaran sebelum diskon. Selain harga, Anda juga perlu mensurvei kondisi dan kualitas produk serta lokasi. Bandingkan produk serupa antara satu pusat perbelanjaan atau marketplace dengan yang lain. Cari penawaran yang terbaik.

Kartu kredit. Pada momen akhir tahun, kartu kredit biasanya berlomba-lomba memberikan penawaran yang terlihat menggiurkan. Anda perlu cermat melihat penawaran tersebut. Bisa jadi untuk mendapat diskon 50% misalnya, Anda harus belanja dulu sebanyak Rp 2 juta. Atau penawaran “buy 1 get 1.” Kalau Anda tak perlu memiliki 2 barang yang sama, ya tidak usah beli. Tapi Anda bisa mengakali dengan mencari teman yang juga membutuhkan barang tersebut. Harga satu barang bisa Anda bagi berdua. Nah, Anda untung ‘kan?

Pengiriman gratis. Ketika berbelanja online, perhatikan penawaran tentang penggratisan biaya pengiriman barang. Beberapa barang tertentu bisa jadi sengaja dinaikkan harganya sehingga biaya pengiriman barang menjadi gratis. Atau ada juga marketplace yang memberikan gratis biaya kirim untuk kawasan tertentu seperti Jabodetabek saja.

Memang, perlu disiplin dan komitmen tinggi dalam berbelanja akhir tahun. Untuk mencegah Anda berbelanja berlebihan, lebih baik alokasikan dana khusus untuk berbelanja. Pegang komitmen untuk berbelanja sesuai alokasi dana tersebut. Tak mudah memang, namun lebih baik bijak sekarang daripada menyesal nanti. Akhir tahun bukan berarti akhir kebutuhan Anda ‘kan? [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments