foto0512

Langkah Sederhana Kelola Keuangan Bulanan

Hari gajian seolah tidak terasa. Gaji hanya hinggap di rekening. Tak berapa lama, gaji semakin terbatas dikarenakan untuk membayar ini-itu dan pengeluaran lainnya, padahal belum sampai tengah bulan. Seberapa sering Anda mengalaminya?

Ketika memutuskan hidup berkeluarga, biaya hidup perlu ditanggung bersama. Namun, keuntungannya sumber pemasukan pun bisa ada dua. Dengan pemasukan gabungan, pengelolaan keuangan seharusnya dapat lebih matang.

Anda bisa memisahkan rekening tabungan dengan rekening untuk pengeluaran bulanan atau rekening khusus gaji. Diah (29), warga yang terkadang tinggal di Bintaro Sektor 2 mengaku mempunyai rekening bersama dengan suaminya sejak ia menikah. Dari rekening tersebut, ia mengelola pengeluaran bulanan dari gaji bersama.

“Kalau ada sisa setiap bulannya, kami masukkan ke rekening tabungan. Rekening tabungan juga ada sendiri,” tutur Diah.

Diah mengaku, dengan pemisahan rekening antara tabungan dan pengeluaran, pengelolaan keuangan tidak akan terganggu. Tabungan tetap akan menjadi tabungan, alokasi anggaran untuk keuangan pun ada sendiri.

Langsung sisihkan sebagian

Cara mengelola keuangan ala Diah tersebut bisa ditiru. Namun, jangan lupa mendata dan mendaftar biaya pengeluaran pokok dengan skala prioritas. Misalnya, cicilan rumah, cicilan kendaraan, biaya listrik dan PAM, serta uang sekolah anak-anak.

Banyak orang menabung setelah membayar pengeluaran bulanan. Atau menabung ketika ada sisa dari gaji. Cara ini sebenarnya kurang tepat. Sejumlah pakar keuangan menyarankan agar seseorang menyisihkan dana dan langsung menabung ketika menerima gaji. Langkah ini akan membuat pengeluaran lebih terkendali.

Sebagian besar orang juga kurang mengetahui total pengeluaran setiap bulannya. Jika Anda tidak mengetahui jumlah pengeluaran setiap bulan dan hanya mengetahui gaji, bagaimana Anda melihat kondisi keuangan saat ini dan menyiapkan rencana keuangan untuk masa yang akan datang?

Untuk itu, mulai sekarang baiklah kita mulai merinci jumlah pengeluaran setiap bulan dan anggaran yang dialokasikan. Jika jumlah pengeluaran lebih besar dibandingkan anggaran, sebaiknya atur kembali pengelolaan keuangan. Pangkaslah biaya-biaya yang kurang perlu.

Mengunduh aplikasi

Sebenarnya, pengaturan keuangan saat ini semakin mudah. Anda bisa mengunduh sejumlah aplikasi pengatur keuangan di dalam gawai (gadget). Karena gawai seperti ponsel adalah peranti yang kerap dibawa ke berbagai lokasi dan beragam kesempatan. Anda pun bisa melakukan pengecekan keuangan dengan lebih praktis.

Hal yang tak kalah penting adalah mengatur gaya hidup. Seberapa pun gaji Anda, semua akan terasa kurang jika gaya hidup melebihi standar dan kemampuan finansial. Jadi, ketahuilah posisi keuangan Anda dan sesuaikan gaya hidup.

Bagaimana jika gaya hidup ingin lebih tinggi? Sederhana saja, tingkatkan penghasilan Anda, misalnya dengan berpindah kerja, mencari pekerjaan paruh waktu, atau membuka bisnis. [KUL]

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments