foto1_0412

Catatan Penting Ketika Wisata ke Luar Kota

Bila kita mencari tips wisata ke luar kota, yang didapatkan biasanya tips seputar perjalanan dan persiapan sebelum berangkat. Padahal, di luar itu ada hal penting lainnya yang patut kita tahu, terutama saat tiba di kota tujuan.

Pertama, soal transportasi. Jika wisata luar kota tidak seberapa jauh, Anda dan keluarga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jika wisata luar kota cukup jauh seperti ke Yogyakarta atau lebih jauh lagi, mungkin Anda harus menyewa mobil di sana. Apalagi jika kota wisata yang dituju tidak memiliki angkutan umum yang memadai.

Harga sewa mobil ini perlu diperhatikan karena besarannya bervariasi, tergantung dari jenis mobil, ada-tidaknya supir, dan biaya BBM. Anda perlu tahu layanan yang ditawarkan dari jasa persewaan mobil, termasuk lama sewa per hari. Ada mobil yang disewakan per 10 jam per hari, ada juga yang 12 jam per hari. Carilah juga informasi tentang biaya tambahan jika sewa mobil melebihi batas waktu.

Kedua, soal hotel atau penginapan. Sebagian dari kita mungkin akan mencari hotel dengan harga paling terjangkau dan fasilitas lumayan. Jangan hanya melihat harga, perhatikan juga lokasinya. Hotel yang berlokasi di dekat kawasan wisata tentunya akan menguntungkan karena Anda bisa memangkas waktu perjalanan. Kecuali jika Anda dan keluarga memang sengaja memilih lokasi hotel yang terpencil karena ingin beristirahat dan mencari tempat yang tenang.

Fasilitas hotel juga perlu dipertimbangkan. Jika Anda dan keluarga berniat untuk mengunjungi beragam destinasi wisata, fasilitas hotel seperti meeting room atau fitness center mungkin tidak seberapa perlu. Beda halnya jika Anda dan keluarga benar-benar ingin beristirahat di hotel. Fasilitas hotel seperti kolam renang untuk anak-anak, spa, dan area taman bisa menjadi prioritas.

Kuliner

Ketiga, soal lokasi kuliner. Sejak dari rumah, mungkin Anda telah membuat daftar wisata kuliner yang ingin dicoba. Selain lokasi, yang perlu dicermati adalah soal harga. Beberapa destinasi kuliner tertentu sengaja tidak mencantumkan daftar harga makanan dan minuman. Ini yang perlu diwaspadai. Anda perlu menanyakan tiap harga makanan dan minuman sebelum memesan dan memastikannya. Ini untuk mengantisipasi agar penjual makanan dan minuman tidak memainkan harga menjadi berlipat-lipat lebih mahal.

Meskipun daftar menu telah dilengkapi dengan harga, periksa kembali nota pembayaran ketika Anda telah selesai makan. Terkadang ada restoran atau rumah makan yang licik dengan menambahkan jumlah makanan atau minuman padahal pembeli tidak memesannya. Ada pula yang membedakan tarif antara turis asing dan turis lokal. Jika Anda kebetulan mengajak kenalan orang asing, pastikan lokasi kuliner tidak membedakan perlakuan.

Wisata kuliner kerap lekat dengan mencicipi makanan baru. Namun, jika Anda atau keluarga mengalami alergi pada makanan tertentu, jangan lupa sebelumnya menanyakan bahan pembuatan makanan.

Misalnya, jika anak Anda alergi kacang, pastikan camilan khas di suatu daerah atau kota tidak mengandung kacang. Demikian juga jika mengalami alergi pada seafood. Selain menghindari jenis seafood, hindari juga sambal, saus, atau makanan lain yang menggunakan seafood sebagai bahan pembuatannya. [KUL]

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments