ilustrasi2411

Ini Dia Keunggulan Sepeda Motor Injeksi

Belakangan ini, kita semakin kerap mendengar tentang sepeda motor injeksi. Sebenarnya tidak hanya pada sepeda motor, teknologi injeksi juga jamak dalam kendaraan roda empat. Namun, ada alasan tersendiri yang membuat banyak orang meminati sepeda motor injeksi.

Sebutan lain injeksi adalah fuel injection. Seperti sebutannya, teknologi ini memadukan percampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor. Hasilnya, suatu pembakaran yang lebih sempurna terjadi. Komponen penting dalam sistem injeksi ini disebut injektor (injector). Fungsinya adalah untuk memasok atau mengalirkan campuran antara bahan bakar sepeda motor dengan udara.

Salah satu kelebihan sepeda motor injeksi telah disebutkan, yaitu pembakaran yang lebih sempurna. Secara umum, dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan sistem karburator, sepeda motor injeksi memang bekerja lebih baik karena menggunakan pengaturan air fuel ratio atau AFR  yang lebih tepat.

Injektor ini menggunakan teknologi khusus untuk mengatur AFR.  Sementara itu, Electronic Control Module atau ECM berfungsi untuk mengatur kinerja injektor. Umumnya, di dalam sepeda motor injeksi terdapat sensor udara.

Sensor udara menangkap kondisi udara dan suhu di sekitar sepeda motor injeksi. Informasi ini disampaikan pada ECM. Selanjutnya, ECM akan menghitung dan mengatur setelan AFR yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar mesin.  Inilah yang membuat setelan AFR sesuai dengan kondisi sepeda motor.

Lebih efisien

Manfaat sistem pembakaran yang lebih baik juga berefek pada pemakaian bahan bakar pada sepeda motor injeksi.  Penggunaan bahan bakar pada sepeda motor injeksi biasanya lebih efisien. Hal ini membuat sepeda motor injeksi lebih hemat bahan bakar. Anda bisa mengisi bahan bakar secukupnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sepeda motor injeksi juga relatif mudah ketika diservis. Karburator sepeda motor injeksi tidak perlu dibongkar dan dibersihkan. Cara perawatan sepeda motor injeksi biasanya dengan menggunakan pembersih khusus injektor untuk membersihkan area busi.

Sepeda motor injeksi tidak lepas dari kelemahan. Masalah harga yang relatif tinggi dibandingkan sepeda motor biasa kerap membuat orang berpikir ulang untuk membeli sepeda motor injeksi. Ini karena komponen sepeda motor injeksi yang lebih mahal dan berpengaruh pada harga sepeda motor injeksi secara keseluruhan. Namun, harga ini sebenarnya sebanding dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan sepeda motor injeksi.

Masalah kelistrikan juga perlu menjadi catatan. Sepeda motor injeksi mengandalkan ECM dan sensor udara dalam pengatur AFR. Bisa ditebak, masalah akan muncul jika kelistrikan sepeda motor injeksi terganggu, misalnya akibat kerusakan pada aki atau accu.  Masalah lain yang bisa muncul adalah korsleting pada kabel.

Untuk itu, meskipun mudah digunakan, sepeda motor injeksi perlu perhatian lebih dalam hal perawatan.  Anda perlu secara rutin memeriksa bagian kelistrikan agar performa komponen sepeda motor injeksi bisa bekerja optimal tanpa masalah. [KUL]

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments