foto1911

Tips Aman Bersepeda di Musim Hujan

Musim penghujan telah tiba. Kegiatan di luar ruang (outdoor) tentu harus disesuaikan. Salah satunya adalah bersepeda. Meski bagi pesepeda hujan mungkin dianggap bukan kendala besar, namun tetap dibutuhkan persiapan yang berbeda dari biasanya. Simak tips yang disarikan dari berbagai sumber berikut ini.

  1. Sediakan jas hujan khusus untuk bersepeda. Jas hujan ini bersifat simpel dan fit dengan tubuh kita, sehingga tidak terlalu menyita gerakan dan ruang pada waktu dipakai atau disimpan. Mengenakan jas hujan khusus sangat penting mengingat bersepeda di saat musim hujan membuat pesepeda harus menghadapi kondisi khusus. Jas hujan yang spesial untuk sepeda sangat menunjang keamanan dan kenyamanan kita saat bersepeda.
  1. Tas atau bekal yang kita bawa saat bersepeda perlu dilindungi dengan pelindung air (bag cover yang antiair). Kita bisa pula menggunakan plastik guna membungkus tas sehingga air hujan tak membasahi tas yang kita bawa.
  1. Melumasi bagian rantai atau bagian yang mudah berkarat dengan pelumas secukupnya sangat disarankan. Lakukan hal ini setiap kali setelah sepeda dipergunakan menembus hujan. Dan setelah dipakai basah-basahan, sepeda harus segera dibersihkan dari air, minimal dikeringkan.
  1. Pergunakan penutup helm (helm cover) jika memungkinkan supaya air hujan tidak membasahi kepala kita.
  1. Tingkatkan kewaspadaan terhadap jalur yang akan kita lewati, terutama apabila terdapat genangan air yang tinggi. Akan sangat membahayakan apabila di bawah genangan air tersebut terdapat lubang yang tak terlihat. Berhati-hatilah menerjang banjir, kalau bisa hindari banjir karena sepeda tidak dirancang untuk menerobos genangan seperti itu.
  1. Pasang serta manfaatkan lampu depan dan belakang untuk menginformasikan keberadaan kita di jalan karena kondisi pandangan yang terbatas dalam kondisi tersebut.
  1. Ketika hujan deras disertai angin yang kuat segeralah mencari tempat untuk berlindung yang aman. Perlu disadari sepeda kita lebih ringan daripada kendaraan lain, sehingga jika terkena terpaan angin yang kuat dapat mengakibatkan sepeda oleng dan membahayakan keselamatan Anda dan orang lain di jalan.
  1. Kalau kita bersepeda di tempat terbuka selalu waspadalah terhadap petir. Selain itu, hindari untuk berteduh di bawah pohon, tiang, shelter, atau rumah yang terpencil di ruang terbuka. Selamat bersepeda dengan aman. [PRS]

Foto-foto: Dok. Etalase Bintaro/Vini Octavia & Irwan Royansyah

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments