foto_interview

Rahasia Lolos Tes Seleksi Karyawan Baru

Nilai IPK tinggi, termasuk lulusan tercepat, dan aktif dalam kegiatan organisasi kampus tak selalu menjamin seseorang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Banyak pelamar kerja yang gagal pada tes-tes tertentu. Kalau begitu, bagaimana caranya agar setelah lulus kuliah, pekerjaan mudah didapat?

Profil berupa pengalaman kerja sekian tahun di bidang yang sama terkadang membuat sebagian perusahaan berminat. Pengalaman kerja ini bisa berarti perusahaan tidak perlu menyiapkan alokasi dana khusus untuk training atau pelatihan. Karyawan yang berpengalaman memang lebih disukai karena lebih siap kerja. Namun, bukan berarti para fresh graduate tidak punya peluang.

Persiapan

Sebelum memasukkan surat lamaran kerja ke sejumlah perusahaan yang membuka lowongan, sebaiknya periksa kembali CV yang disusun. Mungkin Anda menyusun CV 6 bulan sebelumnya saat sebelum wisuda. Jadi, lihat kembali CV lama, benahi dan lengkapi agar CV tampil menarik. Cantumkan prestasi yang pernah Anda dapatkan sebelumnya.

Jangan lupa, manfaatkan media sosial untuk kalangan profesional seperti LinkedIn. Cantumkan profil menarik yang jujur menggambarkan potensi diri Anda. Jangan segan membagikan akun LinkedIn untuk kenalan-kenalan yang berpotensial melapangkan karier.

Cermati

Permasalahan seseorang tidak kunjung memperoleh pekerjaan adalah karena ketidaksesuaian lowongan dengan profil pelamar kerja atau sebaliknya. Bisa juga karena karyawan dinilai tidak mempunyai visi dan misi yang sama dengan perusahaan. Untuk mengantisipasi hal ini, sebelum memasukkan surat lamaran kerja dan CV, lebih baik cari informasi tentang perusahaan yang disasar.

Jangan hanya karena nama perusahaan bonafid dan menawarkan gaji besar, pastikan posisi yang ditawarkan juga sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Perusahaan pun sebaiknya menawarkan lingkungan kerja yang nyaman untuk karyawannya.

Percaya diri

Mengenal diri sendiri jadi hal penting ketika melewati tes psikologi dan tes wawancara. Akan muncul tes untuk menggali kelebihan dan kekurangan diri. Untuk menghadapi ini, kenalilah kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan berlatihlah untuk mengucapkannya di depan cermin.

Biasanya pelamar kerja merasa keder jika ditantang wawancara dengan bahasa Inggris. Jika Anda menghadapi situasi semacam ini, tetaplah percaya diri. Meskipun jawaban Anda sederhana, rasa percaya diri akan membuat tampilan Anda meyakinkan. Hindarilah meniru gaya orang lain atau berdandan berlebihan hanya untuk menarik perhatian dari orang yang memberikan tes. Yakinilah bahwa Anda mempunyai keunggulan dan keunikan yang membedakan diri Anda dari kandidat lainnya.

Jangan terjebak

Kita dengan mudah menemukan tips dan trik lolos tes wawancara atau tes psikologi. Bahkan, ada juga buku-buku yang memuat tes psikologi seleksi karyawan. Namun, hal ini tidak berguna jika Anda sendiri tidak yakin dalam menjalani tes-tes tersebut.

Sebagai contoh, ketika melalui tes psikologi, Anda pun tidak bisa mengingkari diri sendiri ketika menjawab sejumlah pertanyaannya. Untuk itu, tidak ada cara lain kecuali melewati tes-tes seleksi pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan mempersiapkan kondisi fisik dan mental yang prima. [KUL]

Foto Ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments