cucitangan

Langkah Sigap Menangani Flu

Mengapa kita mudah terserang flu?

Saat kondisi tubuh tidak fit, virus flu memang mudah menyerang. Flu juga gampang menular. Menurut informasi dari NHS.uk, virus flu mudah menyebar dari tangan ke tangan dan bisa menempel di benda-benda yang mempunyai permukaan keras dan mampu bertahan hingga 24 jam.

Sementara itu, ketika menempel di tisu, virus flu bisa bertahan selama 15 menit. Di tangan, virus flu bisa bertahan selama 5 menit lalu melemah. Perlu diperhatikan pula, virus flu bisa bertahan dalam kondisi lembab dan udara yang dingin. Jadi, jangan kaget bila kita mudah tertular atau mengalami flu karena daya tahan virus flu ini sangat tinggi. Penyebarannya juga terbilang cepat.

Cegah sebelum menyerang

Flu bisa dicegah. Cara sederhananya adalah menjaga daya tahan tubuh. Konsumsi makanan bergizi, olahraga, dan tidur cukup telah kerap kita dengar sebagai resep hidup sehat. Tidak hanya itu, cara ini juga mampu menghindarkan tubuh dari serangan flu.

Pencegahan lainnya adalah mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun. Cucilah tangan setelah ke toilet, sebelum makan, dan setelah bepergian. Anda juga bisa mencuci tangan setelah batuk, bersin, atau membersihkan hidung agar virus flu tidak menular ke orang lain.

Pastikan rumah dalam kondisi bersih. Ruangan yang jarang dibersihkan dan mempunyai sirkulasi udara yang kurang bagus bisa menjadi media yang disukai virus flu. Sebaliknya, rajin membersihkan rumah bisa meminimalkan risiko virus flu menempel lebih lama.

Basuhlah pakaian yang terkena cairan tubuh akibat flu. Anda bisa mencuci pakaian dengan air hangat agar mematikan virus dan kuman-kuman yang mungkin saja melekat pada kain. Selain itu, pastikan pakaian benar-benar kering sebelum disimpan.

Langkah pertama

Jika terlanjur terkena atau tertular flu, apa yang dilakukan? Meskipun sepele, Anda perlu menyiapkan tisu yang cukup. Gunakan masker ketika bepergian ke luar rumah untuk meminimalkan risiko penularan virus flu.

Sumber dari Everydayhealth.com menyebutkan, ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan ketika Anda atau anggota keluarga Anda terserang flu. Pertama, mengonsumsi air putih yang bersih secukupnya. Flu biasanya diikuti dengan demam dan pilek atau radang tenggorokan. Asupan air putih dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat demam atau pilek.

Jangan lupa, pisahkan gelas Anda dari anggota keluarga lainnya agar virus flu tidak menular. Hindari minum minuman dari satu gelas yang sama dengan penderita flu. Anda juga bisa menambahkan garam dalam air minum untuk membantu membersihkan virus dan kuman di tenggorokan.

Kedua, mengonsumsi sup hangat. Sup hangat dapat membantu tubuh merasa nyaman. Sayuran di dalam sup memberikan gizi untuk tubuh. Sementara itu, kuah sup juga merupakan salah satu asupan air untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Ketiga, mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Ini bisa Anda dan keluarga lakukan ketika tenggorokan terasa panas dan suara serak. Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung bahan alami seperti eukaliptus yang mampu membantu membuat tenggorokan terasa lebih lega.

Terakhir, istirahatlah yang cukup. Anda perlu beristirahat untuk menguatkan tubuh sehingga gejala flu berangsur menghilang. Hindari begadang atau jam tidur minim. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama satu jam setiap hari. [KUL]

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments