berkebun

Cara Seru Isi Hari Minggu

Bermalas-malasan. Gegoleran. Klekaran. Entah apa pun namanya itu, bagi sebagian orang hari Minggu jadi momen paling pas untuk bersantai. Tidak perlu mengerjakan apa-apa, doing nothing bahasa kerennya. Namun, bersantai sepanjang hari bisa menjenuhkan. Keluar rumah untuk jalan-jalan pun, rasanya enggan. Apa yang harus dilakukan agar hari Minggu tidak membosankan?

Banyak orang bilang akhir pekan adalah aktivitas paling pas bersama keluarga. Jadi, cobalah mengerjakan sesuatu bersama keluarga tercinta atau justru membebaskan tiap anggota keluarga menikmati waktu-waktunya sendiri di rumah. Aktivitas berikut ini bisa menjadi inspirasi Anda di hari Minggu tanpa harus keluar rumah.

Memasak

Hal yang paling menyenangkan tentu mengerjakan hobi. Misalnya, Anda punya hobi memasak, cobalah menu-menu yang berbeda pada hari Minggu. Jangan ragu untuk mengajak anak, saudara, atau pasangan untuk memasak bersama. Meskipun sederhana, kegiatan memasak dapat merekatkan kebersamaan.

Bermain musik

Jika sepanjang minggu pikiran Anda disibukkan berbagai persoalan, lepaskan dengan bermain musik. Pilih alat musik favorit seperti piano, gitar, biola, saksofon, atau cello. Bagi yang tidak ingin bermain musik, Anda pun bisa menyanyi. Aktivitas menyanyi kerap dianggap sebagai salah satu media untuk relaksasi. Sejumlah sumber bahkan menyebut, jenis lagu yang dinyanyikan seseorang pada saat itu mencerminkan suasana hati atau pengalaman terdekat yang dialami.

Berkebun

Berkebun sering disebut sebagai salah satu aktivitas yang mampu membakar kalori dan membuat perasaan lebih bahagia. Apalagi jika Anda melalukannya bersama pasangan atau anak-anak. Ya, tidak ada salahnya mengajarkan anak-anak berkebun.

Dengan berkebun, Anda bisa mengajarkan anak tentang jenis-jenis tanaman dan biji-bijian. Mengajak anak menanam tanaman atau tumbuhan favorit mereka juga bisa menjadi salah satu cara agar anak terdorong untuk semakin cinta lingkungan.

Bermain games

Bermain games bersama keluarga tertentu juga bisa menciptakan keseruan di hari Minggu. Sebagai contoh, ayah, ibu, dan anak-anak bisa bermain monopoli atau kartu remi (bukan judi/tanpa uang). Anda pun bisa memilih permainan yang mengasah kecerdasan. Misalnya bermain tebak-tebakan atau susun kata dalam bahasa Inggris dengan scrabble.

Jika ingin sekaligus olahraga, lakukan aktivitas fisik dalam bentuk permainan grup. Sebagai contoh, basket atau futsal dengan kerabat atau anak-anak. Berolahraga bersama seperti jogging dan renang pun tidak kalah seru dilakukan.

“Me time”

 Akhir pekan juga jadi momen yang tepat untuk memanjakan diri sendiri atau me time. Anda bebas melakukan aktivitas yang paling disuka. Misalnya, membaca buku sambil mendengarkan musik dan ditemani secangkir cokelat panas. Bisa juga dengan berbaring di tempat tidur sambil menyetel film favorit. Anda bebas melakukan hal-hal yang disukai di rumah sendiri. Meskipun demikian, tetap ingatlah tugas dan tanggung jawab Anda di rumah. Selamat berhari Minggu. [KUL]

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments