foto4

Resep Keluarga Jadi Istimewa

Kita kerap terpukau dengan masakan mancanegara, sebutlah masakan dari Asia Timur seperti Korea dan Jepang, ataupun masakan Barat seperti kuliner Italia dan Inggris. Padahal, masakan Indonesia tanpa disadari, tiada duanya.

Masih tidak percaya? Contohnya, mari bertanya pada diri sendiri, setelah makan spaghetti, siapa yang belum puas dan ingin makan nasi? Atau, siapa yang tidak mencari sambal saat bepergian ke luar negeri? Contoh sederhana itulah yang terkadang kurang disadari, betapa lekatnya kita pada masakan negeri sendiri.

Paket Ayam Kremes.

Paket Ayam Kremes.

Jika sedang enggan memasak untuk keluarga, untungnya banyak rumah makan dan gerai kuliner masakan Indonesia. Di kawasan Bintaro, BSD City, Gading Serpong, dan Alam Sutera, ada beberapa yang bisa jadi opsi. Sebutlah Dapur Kirana.

Rumah makan ini berlokasi di dua tempat, yaitu Alam Sutera dan Gading Serpong. Tepatnya di Ruko Jalan Sutera 29A no 32, Alam Sutera, dan Ruko Beryl 1 no 21, Gading Serpong. Dapur Kirana menyajikan sejumlah kuliner khas Indonesia. Di antaranya, varian bakso, soto, dan olahan daging ayam.

Tampak depan Dapur Kirana.

Tampak depan Dapur Kirana.

Niko Adrian Budiyono (30), pemilik Dapur Kirana mengungkapkan, Dapur Kirana awalnya hanya sebuah gerai sederhana yang menawarkan bakso dan soto di garasi rumahnya.

“Kebetulan ibu saya, orangnya suka masak, lalu mencoba-coba masakan soto. Hasilnya, sekarang ini kita ada menu soto, seperti Soto Betawi, Soto Kudus, dan Soto Mie,” kata Niko.

Soto Mie Bogor.

Soto Mie Bogor.

Kreasi dari nenek

Bermula dari garasi rumah, Dapur Kirana berkembang semakin besar dan akhirnya berpindah dan menempati ruko di Alam Sutera.  Varian menu Dapur Kirana pun semakin beragam. Anda dan keluarga bisa menemukan menu masakan khas Indonesia seperti Kupat Tahu dan Ayam Goreng Kalasan.

“Menu masakan ayam ini kreasi dari nenek. Keluarga kami punya resep ayam goreng. Oleh nenek, resep ini dikreasikan menjadi menu-menu seperti Ayam Kalasan dan Ayam Kalasan Penyèt,” terang Niko.

Suasana interior Dapur Kirana di Gading Serpong sepintas kental dengan nuansa Jawa yang dikemas modern.  Figur dan ornamen wayang dalam ruangan rumah makan yang tertata bersih seolah menguatkan kesan ini.

Interoir yang bersih.

Interior yang bersih.

Meskipun banyak menawarkan menu dari daerah Jawa seperti Gudeg dan Ayam Kalasan serta membawa unsur interior Jawa, Niko mengungkapkan Dapur Kirana lebih menggali kuliner Indonesia. Kuliner Jawa diangkat karena ada kedekatan kultur dengan budaya ini. Namun, dalam pengembangannya, Dapur Kirana ingin lebih banyak menggali menu-menu Nusantara lainnya.

Salah satu menu andalan Dapur Kirana saat ini adalah Soto Mie Bogor. Tim Etalase Bintaro (EBIN) menjajal tantangan rasa ini. Soto mi yang disajikan hangat terasa sedap. Paduan bumbu di dalamnya terasa pas. Ditambah dengan kucuran jeruk sayur, cita rasa segar tercipta.

Menu lainnya, paket Nasi Ayam Kremes juga tidak kalah sedap. Niko mengungkapkan, Dapur Kirana selalu menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan utama sehingga rasanya istimewa. Rasa gurih alami dengan racikan bumbu yang mereka sempurnakan ke dalam daging ayam memang lezat. Sajian pendamping berupa sayur asem dan sambal pun tidak kalah nikmat.

Sajian untuk penggemar kopi.

Sajian untuk penggemar kopi.

Niko yang mantan barista ini juga mempersembahkan kopi hasil racikannya. Ya, selain kuliner Indonesia, Anda pun bisa ngopi di Dapur Kirana Gading Serpong. Tidak perlu cepat-cepat pulang ke rumah jika Anda masih punya waktu luang panjang di akhir pekan. Niko mengatakan ingin memberikan layanan terbaik untuk setiap pengunjung dan pelanggan Dapur Kirana. [KUL]

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments