makeup

Memilih Riasan Tepat untuk Hari Istimewa

Riasan wajah untuk tiap acara perlu berbeda. Apalagi riasan wajah ketika menikah, tentunya Anda ingin tampil luar biasa di hari istimewa ini. Merias wajah sendiri untuk pernikahan? Rasanya sih kurang pede, di samping juga terlalu merepotkan. Gampangnya, serahkan urusan riasan wajah ini pada bridal, salon, perias pengantin, atau make up artist.

Jika Anda memilih salon rias pengantin tradisional atau bridal modern untuk urusan rias wajah, keuntungannya, Anda bisa mendapatkan vendor rekanan mereka. Misalnya, dekorasi, mobil pengantin, dan foto-video. Namun, jika Anda telah mempunyai vendor sendiri, riasan wajah bisa menggunakan jasa perias pengantin lepas atau make up artist.

Pilih yang cocok

Ada pertimbangan khusus ketika memilih freelance make up artist atau perias pengantin lepas. Putri Arinda, salah satu pendiri The Bride Dept.com menuturkan, sebaiknya ketahui terlebih dulu, apakah make up artist sudah berpengalaman dalam merias pengantin.

Profesi make up artist biasanya mempunyai spesialisasi sendiri. Misalnya, make up artist untuk iklan komersial (iklan TV, majalah, atau poster), make up artist untuk dunia entertainment (make up artist panggung untuk para selebritas), dan make up artist khusus untuk rias pengantin. Jika ingin hasil terbaik, Anda bisa memilih make up artist khusus untuk rias pengantin atau memilih perias pengantin tradisional jika ingin menyelenggarakan pesta pernikahan tradisional.

Pertimbangan selanjutnya, apakah style make up dari make up artist sesuai selera? Misalnya, ingin riasan yang bold, flawless dan natural, atau make up tematik. Anda bisa mengintip akun Instagram atau website make up artist terkait untuk melihat hasil riasan mereka.

Sebelum menentukan perias pengantin atau make up artist, cobalah mengumpulkan beberapa alternatif. Jangan ragu untuk bertanya pada para make up artist seputar gaya riasan mereka dan keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan jasa mereka. Dari perbincangan atau konsultasi ini, Anda bisa merasakan cocok-tidaknya dengan make up artist yang dipilih.

“Saran saya, sebaiknya pilih make up artist yang membuat kamu nyaman. Karena biasanya pas hari-H, pengantin merasa tegang. Make up artist yang cocok bisa membawa suasana hati menjadi lebih nyaman,” tambah Friska Ruslim, pendiri lainnya dari The Bride Dept.com.

Jangan lupa, cari tahulah tentang layanan para make up artist. Anda bisa mengumpulkan informasinya dari teman-teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa make up artist. Dari situ akan tergambar layanan mereka pada hari-H nantinya.

Budget

Tarif untuk layanan make up artist bervariasi. Biasanya ini juga terkait dengan jam terbang dan kualitas riasan. Semakin tinggi jam terbang dan semakin bagus kualitas riasan, harga yang ditawarkan biasanya juga tinggi.

Bridestory.com pernah melakukan riset pada 4.000 mempelai pria dan wanita per Januari 2016 terkait anggaran untuk rias pengantin. Hasilnya, pengguna jasa rias pengantin dengan budget di bawah Rp 5 juta cukup besar, yaitu sekitar 36,5%.

Budget rias pengantin sekitar Rp 5-10 juta juga cukup tinggi. Peminatnya adalah sekitar 37,6 persen. Peminat jasa rias pengantin dengan budget Rp 10-15 juta ditunjukkan dengan angka sebanyak 17,1%. Sementara itu, peminat jasa rias pengantin dengan budget di atas Rp 15 juta adalah sebanyak 8,8%.

Dari sini terlihat variasi biaya untuk rias pengantin. Anda bisa membanding-bandingkan antara satu tarif rias pengantin dengan tarif rias pengantin lainnya. Harga mahal atau murah tidak selalu menjamin kecocokan. Namun, ikuti kata hati Anda dan pilih jasa rias pengantin yang membuat Anda merasa nyaman. [KUL]

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Comments

comments