liburan

Liburan juga Butuh Perencanaan Matang!

Kapan terakhir kali Anda dan keluarga pergi berlibur? Dewasa ini setiap orang butuh liburan secara teratur, bahkan banyak yang make a wish untuk berlibur ke destinasi impian. Namun, pernahkah tabungan Anda habis sepulang dari liburan? Jika ya, Anda perlu meninjau ulang perencanaan liburan saat itu dan perbaikilah rencana selanjutnya.

Liburan ke mana pun, kerap identik dengan pengeluaran biaya yang tinggi. Tiket kereta api atau pesawat terbang, hotel, transportasi lokal, dan konsumsi selama liburan memang memakan biaya. Belum lagi belanja oleh-oleh untuk keluarga dan teman terdekat. Pengeluaran-pengeluaran ini membuat liburan perlu alokasi budget khusus. Lantas, apa yang harus dilakukan agar budget liburan tidak berlebihan?

Alokasi dana untuk liburan bisa dirancang sejak awal. Mulailah dari menentukan destinasi liburan. Misalnya, ke Bali. Lebih spesifik lagi, tentukan obyek wisata yang ingin didatangi di Bali, seperti Pantai Dreamland atau Kintamani. Jika sudah mendapatkan obyek wisata yang didatangi, saatnya mencari hotel atau tempat menginap yang strategis atau tidak terlalu jauh dari lokasi wisata. Jangan lupa, perhitungkan jarak dan aksesibilitas untuk mencapai obyek wisata yang dituju.

Cermati juga tanggal liburan. Jika Anda dan keluarga liburan ketika high season atau musim liburan, siap-siap saja jika anggaran membengkak. Alternatifnya adalah memilih liburan singkat pada akhir pekan. Atau, jika Anda telah bekerja dan belum berkeluarga, mengambil cuti bisa jadi jalan agar liburan lebih puas dan lebih lama.

Menghitung pengeluaran

Nah, dari perancangan awal tersebut, perkiraan biaya yang dikeluarkan bisa disusun. Sebagai contoh, pengeluaran untuk tiket pesawat, hotel, sewa mobil, tiket masuk lokasi wisata, dan makanan. Agar tahu perkiraan biaya lebih spesifik, Anda juga bisa mengintip blog-blog wisata atau situs resmi obyek wisata yang dituju. Alternatifnya, carilah info dari kenalan atau keluarga yang pernah berwisata ke obyek-obyek wisata terkait.

Terkadang, biaya liburan membengkak akibat perkiraan biaya yang tidak terduga. Untuk itu, carilah informasi tentang tiket masuk lokasi wisata, harga makanan, harga oleh-oleh, dan harga-harga lainnya. Di sini akan tergambar biaya lain-lain yang tidak masuk dalam pengeluaran utama. Lain halnya bila informasi tentang biaya lain-lain ini sangat minim. Dana cadangan perlu diperbesar untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga. Namun, tetaplah ketat pada budget liburan yang direncanakan. Gunakan dana cadangan untuk keperluan yang benar-benar mendesak.

Jadi, selain biaya untuk transportasi, akomodasi, dan konsumsi, alokasikan dana khusus untuk pengeluaran cadangan. Selain itu, carilah informasi tentang ATM di obyek wisata. Jika obyek wisata berlokasi di daerah terpencil dan minim mesin ATM, berarti Anda perlu menyiapkan dana yang cukup untuk liburan.

Berburu promo

Cara ini bukan rahasia lagi. Berburu tiket pesawat sejak jauh-jauh hari akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Melalui situs tertentu dan pemesanan yang tidak mendadak juga akan dihasilkan keuntungan harga hotel atau penginapan yang lebih murah.

Tidak hanya saat membeli tiket pesawat dan tempat menginap. Anda juga bisa mendapatkan promo wisata dari sejumlah paket tur wisata. Harga tiket masuk obyek wisata juga terkadang lebih murah jika dibeli secara daring (online). Anda perlu cermat ketika berburu promo-promo ini.

Cobalah mencari kupon-kupon diskon makan di sejumlah kota. Cara ini juga akan membantu mengurangi budget biaya untuk makan selama liburan. Siapkan air minum yang cukup ketika berjalan-jalan. Misalnya, membawa air minum yang disediakan hotel secara gratis. Biasanya, di obyek wisata, harga air minum dalam botol jauh lebih mahal dibandingkan di luar kawasan wisata.

Terkadang pengeluaran untuk makanan dan minuman membengkak karena icip-icip. Jika Anda berwisata dalam grup atau beramai-ramai, sebaiknya pilih menu berbeda ketika bersantap atau mencicipi masakan khas agar bisa saling mencicipi makanan. Tanpa harus memesan seluruh menu, Anda bisa merasakan beragam jenis makanan. Selamat merencanakan liburan. [KUL]

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto; Olah digital: Etalase Bintaro/YonK

Comments

comments