foto4

Inspirasi Apik untuk Pesta Cantik

Inginnya sih, rumah tampak lebih berwarna dan meriah untuk acara-acara khusus seperti pesta ulang tahun, arisan, atau pesta ulang tahun perkawinan. Namun, tidak jarang sejumlah orang bingung dalam mendekorasi rumah atau area khusus bersantap. Agar ruangan dalam rumah terlihat cantik untuk berbagai acara, ada kiat-kiat yang bisa dicoba.

Kepada Etalase Bintaro (EBIN), pemilik Doutzen Party Designer Caroline Limantara mengungkapkan sejumlah kiatnya. Membersihkan ruangan adalah langkah pertama. Selanjutnya, Anda perlu menentukan konsep pesta yang diusung. Misalnya, temanya bernuansa biru atau merah muda.

Siapkan budget atau alokasi dana khusus untuk persiapan pesta. Jika acara difokuskan pada satu ruangan seperti meja makan, tentu yang disiapkan adalah area ruangan dan meja makan.

“Untuk table setting, mejanya dikosongkan dulu. Jangan ada peralatan makan atau makanan-makanan dalam toples di atas meja,” kata Caroline.

Pemilik layanan jasa pesta yang terkadang tinggal di Bintaro Sektor 3 ini mengatakan tidak ada batasan untuk jenis meja yang digunakan. Meja bulat, panjang, atau persegi bisa digunakan selama bisa mengakomodasi jumlah tamu yang diundang.

Namun, jika area meja makan terbatas, Caroline menyarankan agar meja hanya difokuskan untuk penempatan makanan layaknya katering. Untuk pelaksanaan acara pesta, bisa dilakukan di tempat lain atau ruangan yang lebih leluasa. Agar tetap tampil atraktif, meja makan perlu dihias.

foto3-1

“Untuk lokasi makan, kalau pakai table setting, biasanya terpisah sama lokasi kumpul-kumpul. Ruang kumpul-kumpul di rumah bisa di ruang tamu atau area yang ada sofanya. Untuk urusan makan, biasanya pakai table setting di area makan,” jelas Caroline.

Dekorasi “table setting”

Untuk menata meja atau table setting agar tampil menarik, hiasilah meja makan dengan taplak meja yang sesuai tema. Caroline mengungkapkan, cara menghias meja bisa menggunakan bunga-bunga segar (fresh flower). Jika tidak tersedia, Anda bisa menggunakan artificial flower atau bunga imitasi sebagai hiasan. Sentuhan bunga ini akan mempermanis table setting.

foto2-1

“Untuk menempatkan cutleries seperti sendok-garpu dan peralatan makan lainnya, inspirasinya bisa cari di Google atau Pinterest,” kata Caroline.

Agar tampil lebih menarik, jangan hanya menggunakan taplak saja. Tambahkan napkin atau serbet makan yang ditata apik. Jika ingin lebih meriah, misalnya untuk keperluan acara ulang tahun, Caroline menyarankan agar menggunakan placemat dan welcome tag untuk setiap set peralatan makan. Penambahan hiasan seperti balon warna-warni juga dapat membawa keceriaan dalam ruangan yang difungsikan sebagai area pesta ulang tahun.

Untuk meja yang dikhususkan sebagai tempat meletakkan makanan, sebaiknya tambahkan foodtag untuk memberikan penjelasan tentang menu makanan. Meja makan ala katering ini juga bisa didekorasi dengan bebungaan.

foto1-1

“Soal pencahayaan itu relatif. Kalau acaranya siang, bagusnya suasana terang. Kalau malam, bagusnya agak temaram, tergantung tema juga. Jadi misalnya acaranya malam tapi temanya fun, tetap bagusnya cahaya terang,” papar Caroline.

Caroline juga menyarankan agar mendata keperluan perlengkapan dekorasi pesta. Contohnya, taplak yang senada dengan serbet makan atau bunga segar. Barang-barang dari rumah sendiri pun bisa digunakan. Misalnya, vas bunga atau peralatan makan.

Anda bisa menyiapkan dekorasi sendiri untuk pesta. Namun, jika tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan jasa party planner. Doutzen Party Designer misalnya, menawarkan paket mulai dari Rp 2,5 juta untuk 20 tamu undangan. Konsep dekorasi pesta pun bisa disesuaikan dengan keinginan atau selera. [KUL]

Foto-foto: Dok www.doutzenpartydesigner.com

Comments

comments