pohonduit

Pilihan Investasi yang Tidak Terduga

Anda punya rezeki dana berlebih setiap bulan? Jika ya, selain untuk bersenang-senang, menabung, menyisihkan dana cadangan dan dana pensiun, investasi juga perlu dilakukan, seawal mungkin. Tentunya ini tidak sekadar karena mengingat nilai uang yang terus turun akibat inflasi dan harga barang yang semakin tinggi dari tahun ke tahun, namun juga untuk menumbuhkan uang Anda. Nah, jenis investasi apa yang Anda pilih?

Investasi paling mudah tentu deposito karena bunga yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan biasa. Investasi selanjutnya, ada emas, obligasi, reksadana, dan saham. Jika dana berlebih ternyata lebih dari cukup, investasi tanah atau bangunan tidak sepi peminat, mengingat nilai jualnya yang terus meningkat.

Selain itu, tahukah Anda ada bentuk investasi lainnya? Beberapa jenis investasi ini bisa jadi tidak pernah disangka dapat mendulang untung. Mari cermati beberapa di antaranya.

Mata uang asing

Investasi pada mata uang asing sebenarnya tidak begitu banyak diminati. Alasannya karena nilai mata uang asing di Indonesia tergantung pada tingkat permintaan dan penawaran. Inilah yang membuat nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing kerap berubah-ubah. Meskipun demikian, jika Anda termasuk orang yang beberapa kali bepergian ke luar negeri, mata uang asing seperti dolar AS sebaiknya dijadikan salah satu investasi.

Belilah mata uang asing seperti dolar AS ketika nilainya tengah rendah kemudian simpan. Jadi, ketika sewaktu-waktu dolar AS dibutuhkan, Anda bisa mengambilnya sewaktu-waktu tanpa khawatir nilai tukar saat ini yang bernilai lebih tinggi dibandingkan ketika saat membelinya.

Barang-barang langka

“Rongsokan” pun bisa bernilai tinggi. Bahkan nilainya bisa mencapai miliaran rupiah, tergantung dari “rongsokan” jenis apa yang dimiliki. Misalnya, Anda mempunyai mobil kuno tahun 1921 yang hanya dikeluarkan 6 unit di dunia. Tentu saja harganya akan sangat tinggi ketika ditawarkan di panggung pelelangan atau dipasarkan di komunitas kolektor mobil langka nan antik.

Syaratnya, diperlukan kecermatan tinggi dan pengetahuan yang mendalam agar bisa berinvestasi pada barang langka. Tidak hanya itu, meskipun ketika dijual harganya bisa semakin tinggi, barang langka susah dicari dan harga awalnya memang sudah mahal.

Lukisan

Lukisan memang bisa menjadi salah satu investasi. Jika Anda mempunyai lukisan asli dari seniman dunia seperti Andy Warhol atau Basquiat, jangan heran bila harganya bisa membumbung jika ditawarkan pada kolektor atau pencinta seni. Lukisan para pelukis lokal seperti karya Raden Saleh, Djoko Pekik, dan Basuki Abdullah juga dikenal akan nilainya yang fantastik. Jika ingin berinvestasi pada lukisan, paling tidak Anda mengetahui tentang seni dan nilai suatu lukisan, berikut peminatan pasar.

Asuransi

Asuransi kerap dianggap sebagai perlindungan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti bencana atau kecelakaan. Namun, asuransi dapat berperan sebagai “pengganti kerugian” jika mempunyai barang yang mengalami kerusakan atau kehilangan. Beberapa obyek yang biasa diasuransikan antara lain mobil dan rumah.

Membangun usaha

Mendirikan usaha memang tricky jika dijadikan sebagai jalan investasi. Membangun usaha tentu saja bisa untung dan bisa rugi. Energi, pikiran, dan tenaga pun akan tersita untuk mendirikan usaha. Namun, jika Anda telah mempunyai satu jenis usaha, kemudian berencana membangun usaha lain yang dapat mendukung usaha sebelumnya sekaligus mendapatkan pasar baru, maka membangun usaha pun bisa menjadi salah satu pengelolaan investasi. [KUL]

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Comments

comments