cincin

Mempersiapkan Pernikahan dalam Waktu Terbatas

Dikarenakan alasan tertentu, banyak calon mempelai harus mempersiapkan pernikahan dalam waktu yang terbatas. Bagaimana kiatnya agar pasangan tetap sigap mempersiapkan hari bahagia tersebut?

Idealnya, persiapan pesta pernikahan dilakukan paling tidak setahun sebelumnya. Sebagian orang bahkan mempersiapkan pesta pernikahan sejak 2 tahun sebelumnya. Waktu memang bukan jaminan utama pesta pernikahan akan meriah. Jika alokasi waktu cukup panjang, persiapan pernikahan akan lebih matang. Namun, nyatanya, banyak perayaan pernikahan yang disiapkan setengah tahun sebelumnya, bahkan 3 bulan sebelumnya akibat berbagai kondisi.

Menyiapkan pesta pernikahan dalam waktu singkat memang lebih sulit. Anda perlu merangkum semua aktivitas persiapan yang harusnya dilakukan jauh-jauh hari menjadi lebih cepat. Meskipun tidak mudah, ada sejumlah kiat untuk menyiasatinya.

Poin-poin pokok

Pertama, susunlah daftar keperluan untuk pernikahan. Misalnya, konsep pernikahan, lokasi perhelatan pernikahan, jumlah tamu undangan, katering, foto, dan undangan. Susun pula rencana anggaran untuk pernikahan beserta jadwal persiapan. Perhitungkan pengaturan waktu untuk persiapan pernikahan agar tidak ngaret karena hari-H yang semakin dekat.

Kedua, menemukan vendor pernikahan yang tepat akan lebih mudah jika Anda telah mempunyai tanggal pernikahan dan lokasi pernikahan. Jadi, siapkan kedua hal ini terlebih dulu. Namun, karena persiapan yang mepet, jangan kaget bila banyak vendor yang menolak akibat telah dipesan pihak lain jauh sebelumnya.

Untuk itu, siapkan beberapa daftar vendor ketika persiapan pernikahan terbilang singkat. Jadi, begitu satu vendor tidak mampu, Anda masih mempunyai cadangan vendor. Hindari menggantungkan partisipasi satu vendor untuk satu aspek yang sama.

Ketiga, karena waktu persiapan pernikahan yang terbatas, hindari sikap berlama-lama menimbang-nimbang vendor atau berganti-ganti dalam memilih vendor untuk bagian yang sama seperti dekorasi. Karena persiapan yang singkat, efisiensi waktu persiapan perlu menjadi prioritas. Pilihlah vendor dengan cepat tetapi tetap dengan pertimbangan yang matang.

Berganti-ganti vendor pernikahan juga akan membuat waktu persiapan lebih lama dan akan lebih memakan biaya, terutama jika sudah membayar uang muka sebelumnya. Belum lagi jika ditambah dengan masukan dari berbagai pihak seperti keluarga besar dan diskusi ulang. Jika ingin mengadakan pernikahan dalam waktu singkat, pilihlah satu vendor dengan pasti.

Keempat, jika sudah menemukan vendor, teruslah mengikuti progres persiapan dengan vendor. Pastikan Anda mendapatkan perkembangan terbaru dari vendor-vendor pernikahan. Jika vendor kurang komunikatif, usahakanlah agar Anda yang lebih aktif dan hindari sikap menunggu-nunggu kabar.

Kelima, usahakanlah untuk tetap mengikuti jadwal persiapan pernikahan. Usahakan tidak melenceng dari rencana persiapan pernikahan. Sekali jadwal satu persiapan mundur, langkah persiapan di belakangnya juga akan mundur.

Namun, kerap terjadi hal tidak terduga yang membuat jadwal persiapan pernikahan mundur. Oleh karena itu, sebaiknya sisakan waktu beberapa hari sebelum hari pernikahan. Atau dengan kata lain, buatlah waktu tenggat persiapan pernikahan kira-kira satu minggu lebih cepat. Dengan cara ini, meskipun sedikit ngaret, persiapan pernikahan tetap maksimal.

Persiapan pernikahan, baik dalam jangka panjang maupun jangka waktu yang singkat, tetap menguras energi, emosi, dan biaya. Belum lagi godaan yang muncul tidak terduga atau konflik-konflik kecil di dalam keluarga besar atau antarkeluarga. Namun, tetapkan keyakinan dan bersabarlah dalam menyiapkan hari bahagia.

Selamat mempersiapkan hari istimewa Anda dan pasangan. [KUL]

Foto Ilustrasi: Dok. Etalase Bintaro/nozze photography

Comments

comments