terimakasih

Mengucapkan “Terima Kasih”, Cermin Pribadi Positif

“Terima kasih”.

Kita mengucapkan kata-kata tersebut pada orang yang telah memberikan bantuan signifikan pada kita. Namun, tanpa disadari, kita juga sering meluputkan kata “terima kasih” pada hal-hal yang kerap dianggap sederhana. Misalnya, ucapan terima kasih kepada supir taksi yang telah mengantar hingga sampai ke tujuan atau ucapan terima kasih pada pelayan restoran yang membersihkan meja makan.

“Cuma gitu masa bilang terima kasih?”

Mungkin demikian pemikiran banyak orang. Namun, cobalah mengucapkan terima kasih untuk hal yang sesederhana sekalipun. Alasannya cukup banyak. Di balik ucapan terima kasih, ada manfaat untuk kita dan orang lain yang mendapatkan ucapan terima kasih.

Untuk orang lain

Ucapan terima kasih adalah salah satu bentuk apresiasi paling mudah untuk orang lain. Mengucapkan terima kasih berarti kita menghargai jerih payahnya.

Orang yang mendapatkan ucapan terima kasih akan merasa dirinya berharga. Ada rasa bahagia yang muncul ketika seseorang mendapatkan ucapan terima kasih. Bagi orang-orang yang bergerak di dunia jasa, ucapan terima kasih dari pelanggan atau klien dapat memicu semangat dan motivasi dalam diri untuk bekerja lebih baik lagi.

Ketika kita mengucapkan terima kasih dengan tulus pada seseorang, ia tidak hanya merasa dihargai. Ucapan terima kasih yang tulus akan dia simpan. Suatu hari nanti, tidak perlu terkejut bila orang yang pernah Anda berikan ucapan terima kasih akan membantu Anda dalam kesulitan.

Untuk diri sendiri

Banyak riset yang mengungkap manfaat terima kasih untuk kesehatan fisik atau kesehatan tubuh. Salah satunya adalah yang dimuat dalam Dailymail.com. Riset yang dilakukan di California, Amerika Serikat, mengungkap bahwa mengucapkan terima kasih dengan tulus dapat membantu mengurangi inflamasi, mencegah serangan penyakit kardiovaskuler, dan meningkatkan mutu istirahat.

Ketika mengucapkan terima kasih dengan tulus pada orang lain, seseorang akan merasa lebih lega dan lebih puas. Hal ini memicu rasa bahagia setelah mengucapkan terima kasih pada orang lain. Tidak mengherankan bila banyak sumber yang menyebutkan bahwa mengucapkan terima kasih dapat membantu memperbaiki suasana hati atau mood.

Tidak hanya berhenti pada satu ucapan terima kasih. Biasanya, setelah kita mengucapkan terima kasih untuk hal yang sederhana sekalipun, akan muncul keinginan lain untuk mengucapkan terima kasih pada hal-hal yang berbeda atas bantuan orang lain. Rasa bahagia pun akan timbul terus-menerus tanpa harus banyak berupaya.

Perlahan-lahan, ucapan terima kasih akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Kebiasaan mengucapkan terima kasih ini pun akan membentuk citra diri menjadi lebih positif. Orang-orang pun akan memandang positif pada diri Anda.

Bentuk ucapan terima kasih lainnya adalah ucapan syukur. Manfaat ucapan syukur tidak jauh berbeda dengan ucapan terima kasih. Bedanya, ucapan syukur biasanya ditujukan pada Yang Mahakuasa.

Jadi, sudahkah Anda mengucapkan terima kasih dan bersyukur pada hari ini? [KUL]

Foto Ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Comments

comments