foto3

Ruang Ekspresi Para Artisan Lokal

Bagi Anda yang menyukai dunia artistik sekali waktu mampirlah ke 2Madison Design House & Lifestyle Store di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Indera penglihatan dan gaya nyeni Anda akan terpuaskan. Tim Etalase Bintaro (Ebin) membuktikannya bersama para penggiat muda seni kreatif saat berkunjung ke sana, Senin (26/9).

Bangunan di Jalan Bangka Raya, Kemang, Jakarta Selatan, itu sekilas tampil bersahaja. Dilapisi jendela dan pintu berkaca, gerai tersebut layaknya ruko. Namun, begitu masuk ke dalamnya, seolah ribuan warna menyerbu mata. Hampir tiada sudut yang tersisa untuk ruang kosong. Art work menghiasi detail interior di dalamnya.

Berawal dari kegelisahan Maggie Eddy dan Sarah Hutauruk ketika berjalan-jalan di jalan “mewah” di New York, Madison Avenue, lahirlah 2Madison Design House & Lifestyle Store yang bertujuan untuk mewadahi para artisan lokal Indonesia agar semakin unjuk gigi dengan karyanya.

Maggie Eddy, Co-Founder 2Madison Design House & Lifestyle Store bersama para model yang mengenakan busana rancangan para artisan.

Maggie Eddy, Co-Founder 2Madison Design House & Lifestyle Store bersama para model yang mengenakan busana rancangan para artisan.

Produk desain dan seni di 2Madison telah dikurasi secara khusus. Kualitas dan citarasa produk menjadi prioritas, tetapi harga harus terjangkau. Nama brand 2Madison dipilih karena terinspirasi jalan “mewah” di New York, Madison Avenue.

“Generasi baru sekarang ini merupakan generasi yang cenderung ingin serba instan, lebih bebas berekspresi dengan apa yang dirasa dan dipikir secara spontan. 2Madison ingin menjadi wadah yang menjembatani para insan kreatif muda berbakat Indonesia. Selain mengasah bakat seninya, kami juga terjunkan mereka untuk mempelajari peluang bisnisnya bersama-sama,” ungkap Maggie.

Notes unik dengan desain sampul kreasi para artisan 2Madison.

Notes unik dengan desain sampul kreasi para artisan 2Madison.

Maggie menjelaskan, komposisi portfolio 2Madison terdiri dari produk yang diciptakan 2Madison Design House & Lifestyle Store, yakni sebanyak 75 persen dan 25 persen lainnya adalah karya cipta dari para desainer atau seniman Indonesia yang menjadi kontributor 2Madison.

“Intinya, kami ingin membentuk komunitas berisikan para kreator muda yang semangat berkarya namun tidak pelit untuk berbagi ilmu dan memiliki jiwa suportif,” kata Maggie.

Kontributor

Saat ini, 2Madison mempunyai sejumlah kontributor tetap yang bekerja sama di galeri. Di antaranya adalah Diela Maharanie, Popo, Tutu, dan Darbotz. Dalam acara Media & Blogger Gathering bertajuk “To Grow through Creative Collaboration”, pada Senin (26/9), hadir pula Diana Rikasari Lifestyle Blogger dan pemilik dari lini fashion IwearUp. Diana secara pribadi mengakui mempunyai ketertarikan pada produk-produk seni kreatif di 2Madison.

“Sebagai pencinta seni, saya ingin agar karya seni ini tidak hanya bisa dipajang, tetapi wearable, atau bisa dijadikan berbagai merchandise,” kata Diana.

Merchandise warna-warni di area galeri.

Merchandise warna-warni di area galeri.

Awalnya, 2Madison melayani produk furnitur dan homedecor. Seiring dengan perkembangannya, berbagai produk seni kreatif mewarnai koleksinya. Di antaranya, notes/buku catatan, scraf, pajangan dinding atau wall art, patung-patung, lampu unik, hingga koleksi tableware.

Menariknya, 2Madison juga mengembangkan lini fashion bernama Avenue, suatu weareable art dalam bentuk busana. Area 2Madison meliputi galeri pada lantai 1 dan lantai 2 serta kafe mini di lantai 1.

Namun, aktivitas di 2Madison tidak pernah sepi. 2Madison mengajak anak muda yang ingin belajar dan memiliki kemauan untuk sukses guna mengikuti berbagai macam workshop, kontes, dan program mentorship. Area aktivitas pembelajaran seni kreatif ini kerap diadakan di lantai 3.

"Sambutan" dari 2Madison yang bergaya eklektik

“Sambutan” dari 2Madison yang bergaya eklektik

2Madison juga mengadakan acara BazArt, pameran artisan lokal yang unik. Tujuannya adalah untuk memberi ruang komunitas kreatif untuk menstimulasi jiwa entrepreneur generasi baru. BazArt #1 telah diadakan Juni 2016 lalu, berkolaborasi dengan 14 seniman, desainer, dan crafter muda serta mengundang sejumlah kampus untuk berpartisipasi.

BazArt #2 diadakan pada Jumat, 30 Septermber, sampai Minggu, 2 Oktober 2016 dengan menghadirkan lebih dari 30 seniman/desainer/crafter lokal yang telah dikurasi. Rangkaian acara di dalamnya antara lain parenting for artistic children talkshow, architect talk, kids fashion contest, dan art contest. [KUL]

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Comments

comments