2309-properti

Ruang Kerja Nyaman di Rumah Sendiri

Apakah Anda tengah mempersiapkan ruang kerja di rumah untuk bisnis yang mulai dirintis? Tips berikut berguna sebagai panduan Anda menata ruang kerja di rumah sendiri.

Membangun usaha rintisan atau startup memang tidak banyak membutuhkan ruang. Rata-rata usaha  rintisan berawal dari ruang kerja di rumah sendiri. Laptop atau komputer dan koneksi internet sudah cukup. Namun, apa benar hanya berbekal laptop dan internet, semua berjalan lebih ringan?

Salah satu tantangan bekerja di rumah adalah rasa bosan. Jenuh kerap menyerang karena berjam-jam menghadapi komputer tanpa interaksi dengan pekerja lain. Belum lagi jika Anda bekerja di bidang kreatif. Kreativitas seolah buntu jika terus-menerus terkungkung dalam ruangan yang tanpa variasi.

Oleh karena itu, meskipun bekerja dilakukan dari rumah, ruang kerja pun perlu ditata senyaman mungkin. Caranya sebenarnya cukup mudah diterapkan. Berikut ini adalah tips dan triknya.

Ruangan

Pertimbangkan sejumlah aspek ketika memutuskan satu ruang dalam rumah menjadi ruang kerja. Aspek tersebut adalah pencahayaan, sirkulasi udara, dan akses. Pastikan ruangan mendapat penerangan yang cukup pada siang dan malam hari.

Agar mendukung daya tahan tubuh, ruangan juga perlu memiliki aliran udara yang baik. Meskipun ruangan dilengkapi AC, sebaiknya sesekali bukalah jendela dan pintu agar terjadi pertukaran udara dan udara menjadi lebih sehat.

Ruang kerja dalam rumah pun sebaiknya bisa Anda jangkau dengan mudah. Jika tidak ingin terganggu anggota keluarga lain, berikan penanda di luar pintu ruangan agar Anda tidak diinterupsi untuk sementara waktu.

Dekorasi

Anda bisa mengecat dinding dengan dua warna berbeda agar ruangan tampak lebih hidup. Cara lainnya adalah mengaplikasikan wallpaper pada salah satu sisi dinding. Jika tidak ingin terkesan full, dekorasilah ruangan dengan mengaplikasikan wallsticker. Anda bisa melepas dan mengganti wallsticker jika sewaktu-waktu bosan dengan motifnya.

Karena ruang kerja di rumah sendiri adalah ruang pribadi, Anda bisa leluasa menghiasnya dengan benda-benda seni favorit. Misalnya, lukisan abstrak, patung, atau justru sesuatu yang terkait dengan hobi. Contohnya, poster grup band favorit.

Letakkan bunga segar atau pot dengan tanaman di atas meja atau salah satu sudut ruangan. Sentuhan “hijau” ini dapat membuat kesegaran dalam ruangan. Ruang kerja dalam rumah pun terasa lebih hidup. Agar tidak bosan, Anda bisa mengganti bunga dan pot dengan tanaman secara berkala.

Untuk memberikan motivasi, pajanglah dokumen penghargaan atau piala jika Anda pernah mengikuti perlombaan yang terkait dengan bisnis. Guntinglah koran atau majalah dan print artikel dari website yang mengulas bisnis Anda. Tempatkan dalam pigura untuk dijadikan pajangan dan motivasi dalam berbisnis.

Kebersihan

Bekerja di rumah sendiri tidak lantas membuat Anda bisa sewenang-wenang memperlakukan ruangan. Agar ruang kerja dalam rumah nyaman, perhatikan faktor kebersihannya. Bersihkan ruangan kerja secara rutin. Apabila ada kotoran, segera bersihkan tanpa menunda.

Bagian meja kerja juga perlu diperhatikan. Jika Anda banyak mendesain, menggambar, atau menggunakan gadget, sebaiknya singkirkan pernak-pernik yang mengganggu aktivitas kerja. Simpan pernak-pernik dalam wadah khusus. Jika tidak, tatalah dalam lemari pajangan. Produk atau dokumentasi awal kerja juga bisa ditata dalam rak khusus sebagai pengingat jejak pertumbuhan dalam berbisnis dan bekerja.

Selamat menata ruang kerja di rumah sendiri. [KUL]

Foto: Shutterstock

Comments

comments