dolly-makeup1

Ini Dia Trik Cantik ala “Dolly Look”

Riasan wajah yang cantik paripurna sudah pasti membuat orang yang memandangnya terkagum-kagum. Ada sejumlah “trik rahasia” yang bisa diterapkan agar wajah Anda tampak mulus bak boneka, tanpa kesan berlebihan.

Sebagian dari kita tentu pernah terkagum-kagum menyaksikan tampilan para cosplay. Bagaimana tidak, tampilan para pemeran cosplay ini benar-benar mirip tokoh kartun manga Jepang. Apalagi melihat tata riasnya yang maksimal. Riasan wajah para cosplay ini kerap kali terlihat seperti boneka.

Sejumlah trik riasan bisa diterapkan agar wajah tampil cantik dan unik seperti boneka. Sebutan kerennya, dolly look. Make up artist Liz Simanjuntak menuturkan beberapa fokus riasan agar wajah tampil cantik dan imut seperti boneka.

“Yang pasti, mata harus kelihatan bulat, hitam, lebar, dan berbinar. Ciri dolly look memang di mata, mata yang besar dan dramatis,” kata Liz.

Mata dramatis

Untuk membuat tampilan mata terlihat besar dan bulat, ada beberapa caranya. Liz menuturkan, cara membuat mata besar bisa diakali dengan menggunakan lensa kontak. Pilih lensa kontak yang mempunyai diameter lebar. Lensa kontak yang berdiameter lebar akan membuat bola mata terlihat lebih besar.

“Agar dramatis, bulu mata memang lebay. Gunakan tambahan bulu mata palsu. Tidak hanya dobel, kalau ingin tampil ekspresif, bulu mata palsu perlu tiga lapis,” terang Liz.

Pemakaian bulu mata palsu pun tidak hanya pada kelopak mata. Agar mata terlihat berbinar, pilih jenis bulu mata palsu yang tipis untuk bagian bawah mata. Pemakaian bulu mata palsu atas-bawah ini akan membuat mata berbinar-binar dan lebih lebar. Jangan lupa aplikasikan eyeliner yang cukup ketebalannya agar bentuk mata lebih tegas dan mata terlihat lebih besar.

Untuk foundation atau bedak, Liz menyarankan warna putih atau warna yang sedikit lebih terang dari warna kulit asli. Warna bedak dan foundation yang lebih cerah akan membuat tampilan yang lebih fresh. Namun, hindari pemakaian riasan yang terlalu putih jika kulit asli cenderung gelap.

Liz juga tidak menyarankan pemakaian bronzer. Agar tampilan lebih glowing, sebaiknya gunakan shimmer atau sentuhan glitter untuk acara pesta dan acara formal lainnya. Shimmer akan membuat wajah tampak berkilau indah. Shimmer ini bisa diaplikasikan di atas blush on atau perona pipi, tulang hidung, dahi tengah, atau bagian kelopak mata.

“Pink”

Blush on ideal untuk dolly look adalah merah muda atau pink. Namun, untuk pemilik kulit gelap, blush on pink juga bisa dipadukan dengan warna oranye atau merah bata agar tidak terlihat pucat. Baurkan blush on agar tampil alami. Tidak perlu memulaskan blush on dari dekat telinga. Fokus dolly look adalah di bagian pipi. Jadi, fokuskan blush on pada bagian tulang pipi dan tidak terlalu ke arah belakang wajah.

“Untuk dolly look, sebaiknya jangan pakai lipstik matte. Kalau pakai lipstik matte, tambahkan lipgloss di atasnya,” kata Liz.

Untuk dolly look, pilih lipstik warna merah muda. Jika ingin tampil lebih dramatis, lipstik merah juga bisa digunakan. Kenakan lipstik merah pada bagian tengah bibir dan membentuk hati untuk make up karakter. Untuk riasan sehari-hari, kenakan lipstik mengilap seperti biasa, tetapi hindari mempertegas garis batas bibir.

Lebih simpel

Riasan ala dolly look mungkin terlihat “wah” untuk rias wajah sehari-hari. Jika Anda ingin tampil cantik seperti boneka, ada beberapa cara agar riasan tidak berlebihan. Di antaranya, gunakan bulu mata palsu secukupnya saja atau satu lapis dan pasanglah di bagian atas atau di bagian kelopak mata. Bagian bulu mata bawah cukup disikat dengan maskara agar terlihat lebih tebal.

Aplikasikan eyeliner bawah mata warna hitam bagian luar. Sementara itu, untuk bagian dalam garis mata bawah, aplikasikan eyeliner warna putih. Jangan lupakan pemakaian eyeliner di kelopak mata. Sambungkan dengan eyeliner gelap di bawah mata.

Kenakan lensa kontak dalam ukuran yang cukup atau lebih besar sedikit dari lingkar hitam mata. Namun, jika Anda tidak nyaman mengenakan lensa kontak, tidak perlu memaksakan diri. Fokuskan pada pemakaian eyeliner. Cara-cara ini akan membuat mata terlihat lebih besar tanpa berlebihan. [KUL]

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Comments

comments