zondatricolere-www-pagani-com

“Special Editions” dari Merek Ternama

Mobil yang dibilang langka biasanya identik dengan jenis mobil-mobil klasik. Namun, tak semua mobil keluaran lama disebut klasik dan diburu kolektor. Tidak jarang suatu tipe mobil menjadi langka juga karena diproduksi dalam jumlah sedikit atau terbatas (special edition).

Mobil-mobil yang diproduksi dalam jumlah terbatas ini biasanya mempunyai keunikan dalam desain atau memiliki spesifikasi tertentu. Misalnya, mobil dirancang dengan spesifikasi kecepatan tinggi atau dilengkapi fitur-fitur unik. Lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa merek yang memproduksi mobil tipe tertentu dalam jumlah terbatas.

Pagani

Merek Pagani yang diproduksi hanya 1 unit adalah Pagani Zonda Tricolore yang wujudnya tampak dalam foto utama artikel ini (sumber foto: www.pagani.com). Mobil keluaran Italia ini dapat menempuh kecepatan hingga 350 kilometer/jam. Tipe Pagani Zonda yang juga diproduksi terbatas adalah Cinque Roadster. Hanya diproduksi 5 unit, Cinque Roadster langsung terjual dalam waktu singkat. Mobil ini bahkan terjual sebelum proses produksi selesai.

Bugatti

Bugatti beberapa kali juga mengeluarkan tipe mobil yang diproduksi terbatas. Misalnya, Bugatti Veyron Grand Sport Soleil de Nuit yang hanya diproduksi 1 unit saja. Mobil yang bertenaga hingga 200 HP (horsepower) ini dipasarkan untuk kawasan Timur Tengah. Tipe mobil Bugatti lainnya yang diproduksi terbatas adalah Bugatti Veyron Pur Sang.

foto: www.bugatti.com

foto: www.bugatti.com

Mobil ini diproduksi 5 unit saja. Bugatti Veyron Pur Sang menggunakan mesin 16 silinder dan mempunyai akselerasi yang membuat takjub. Satu lagi adalah Bugatti Type 57S Atalante. Mobil yang diproduksi jauh sebelum Bugatti Veyron ini hanya ada 17 unit di dunia. Lain dengan Bugatti Veyron yang dikenal karena kecepatannya, Bugatti Type 57S Atalante banyak dicari karena desain yang mewah di zamannya.

BMW

foto: www.bmwblog.com

foto: www.bmwblog.com

Merek ini beberapa kali memproduksi mobil tipe tertentu dalam jumlah terbatas. Salah satunya adalah BMW M1. Diproduksi sekitar tahun 1978-1981, mobil dengan mesin 6 silinder ini mampu mencapai kecepatan 260 kilometer/jam. Tipe BMW lainnya adalah BMW 760i Storm. Mobil yang hanya diproduksi 10 unit ini mampu menjangkau kecepatan 345 kilometer/jam. Keunggulan lainnya, mobil ini termasuk ringan karena menggunakan material karbon fiber untuk bagian bodi.

Koenigsegg

foto: www.koenigsegg.com

foto: www.koenigsegg.com

Koenigsegg memproduksi tipe Koenigsegg Trevita yang hanya berjumlah 3 unit. Keunggulannya apalagi kalau bukan kecepatan. Mobil ini mampu mencapai kecepatan hingga 402 kilometer/jam. Tak sampai di situ saja, mobil ini hanya perlu waktu kurang dari 3 detik untuk mencapai kecepatan 100 kilometer/jam.

Shelby Daytona

foto: www.shelby.com

foto: www.shelby.com

Merek ini hanya memproduksi Shelby Daytona Coupe sebanyak 6 unit. Shelby Daytona Coupe diproduksi pada tahun 1964. Hingga kini, mobil ini masih diburu dan dihargai sangat tinggi di kalangan pencinta mobil antik. [KUL]

Comments

comments