presentasi_vector_shutterstock

Teliti Sebelum Presentasi

Presentasi telah menjadi kegiatan yang jamak dewasa ini, entah untuk keperluan bisnis maupun non-bisnis. Trik berikut bisa Anda ikuti untuk menghindari kesalahan dalam membuat materi presentasi.

Dibandingkan menyusun materi pembahasan secara komplet, membuat slide presentasi kerap dianggap lebih mudah. Nyatanya, terkadang sejumlah orang melakukan kesalahan dalam menyusun presentasi.

Katakanlah tinggal masukkan poin-poin inti, tambahkan ilustrasi atau gambar, dan video yang menunjang, selebihnya tinggal maju ke depan untuk menjelaskan isi dalam slide. Tapi justru di sinilah kesalahan tak jarang terjadi. Akibatnya, aktivitas presentasi menjadi tidak maksimal, menimbulkan kesalahpahaman, atau justru membuat orang yang menyaksikan presentasi menjadi tidak tertarik.

Penyusunan presentasi yang tepat tidak hanya terkait dengan konsep dan konteks. Tampilan presentasi yang komprehensif serta runtut dan runut perlu diterapkan. Lebih dari itu, aspek visual dalam presentasi sebaiknya disusun agar menarik perhatian. Visual dalam presentasi sebaiknya sederhana, mudah dipahami, tepat sasaran, menggunakan ilustrasi (tampilan gambar atau video) yang sesuai, dan enak dilihat.

Akan tetapi, tetap saja, ada beberapa hal penting terkait aspek visual yang berpotensi terabaikan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam menyusun presentasi yang penting disadari, untuk kemudian Anda perbaiki.

Huruf  

Kesalahan yang sering terjadi adalah pemakaian huruf yang terlalu kecil. Ketika menyusun presentasi, hindari menggunakan font huruf yang terlalu kecil, tetapi bayangkan Anda tengah melihat slide presentasi dari kejauhan. Paling tidak, gunakan font di atas 20 untuk menyusun presentasi. Jangan lupa, berikan jarak antarbaris agar tampilan materi presentasi tidak terkesan “penuh”.

Hindari pemakaian huruf kapital atau huruf “besar” untuk semua materi yang dipresentasikan. Huruf kapital paling baik digunakan untuk bagian judul atau tema per topik bahasan. Jika seluruh huruf dalam konten adalah huruf kapital, kesan yang muncul adalah berlebihan, dominan, dan emosional.

Kata kunci    

Manakala Anda ingin menyajikan bagian pendahuluan, hindari meng-copy-paste seluruh bagian pendahuluan dari versi word document ke slide power point. Tampilan presentasi akan menjadi padat atau “penuh” dan membuat orang yang menyaksikan tampilan presentasi menjadi kurang tertarik.

Selain itu, jangan menampilkan materi dalam bentuk uraian satu paragraf. Lebih baik, ambil poin penting atau kata kunci yang terdapat dalam satu bahasan. Tampilkan kata kunci dalam slide presentasi. Tidak perlu khawatir orang yang menyaksikan presentasi akan bingung.

Pada intinya, Anda hanya perlu menampilkan kata kunci, penjelasan selebihnya sebaiknya Anda ungkapkan sendiri melalui kata-kata lisan. Dengan begitu, fokus perhatian orang akan tertuju pada penjelasan Anda dan bukan slide presentasi. Slide presentasi hanyalah media untuk mendukung pemaparan suatu materi, dan bukan yang terutama.

Ilustrasi

Agar presentasi tampil lebih menarik, sebagian orang biasanya menambahkan foto, gambar ilustrasi, atau video. Namun, pastikan kualitas materi pendukung ini cukup baik. Misalnya, gambar jelas dan tajam, foto relevan atau sesuai topik bahasan, dan video tidak tersendat-sendat.

Jangan sampai ilustrasi untuk presentasi tampil buruk. Hasilnya, presentasi pun menjadi tidak maksimal. Lebih baik, seleksilah ilustrasi pendukung dan periksalah terlebih dulu materi presentasi sebelum ditampilkan pada hari-H. Dengan begitu, kekurangan dan kelebihan presentasi akan terlihat. Revisi atau perbaikan masih bisa dilakukan.

Warna

Menggunakan background berwarna atau font yang juga berwarna sepertinya tampak menarik. Namun, apa yang disukai mata belum tentu diminati orang yang menyaksikan presentasi Anda. Jika Anda ingin memainkan warna pada latar slide presentasi atau font, pertimbangkan komposisi warnanya. Tidak saja agar tampilan presentasi menarik, tetapi yang paling penting adalah agar tampilan presentasi mudah dan nyaman dibaca.

Jangan sampai materi tulisan tidak terlihat karena warna slide presentasi terlalu gelap atau terlalu terang. Cobalah mengatur pewarnaan beberapa kali untuk mendapatkan komposisi warna dan tampilan yang pas. Selamat mencoba! [KUL]

Ilustrasi: Shutterstock

Comments

comments