01

Wisata dan Olahraga di Botanic Gardens

Bicara tentang wisata di negeri jiran Singapura, segera terlintas dalam benak Universal Studios Singapura atau Marina Bay Sands. Padahal, Singapura juga mempunyai destinasi lain yang tidak kalah menarik dikunjungi oleh Anda dan keluarga. Belum lama ini Etalase Bintaro jalan-jalan ke kawasan cantik bernama Singapore Botanic Gardens.

Berwisata ke Singapore Botanic Gardens menjadi petualangan tersendiri. Taman ini seolah tenggelam oleh kepopuleran Gardens by the Bay yang lebih baru dan menawarkan desain arsitektur ikonik. Namun, jika Anda dan keluarga mencari taman yang masih kental dengan unsur alami, Botanic Gardens adalah jawabannya. Pengalaman ini sekaligus menunjukkan bahwa saat Anda dan keluarga ingin menyasar wisata bernuansa alam di Negeri Singa, Gardens by the Bay bukanlah satu-satunya obyek wisata.

Tentunya Anda tidak menyangka, Botanic Gardens adalah taman tua yang diinisiasi pendiriannya oleh Sir Stamford Raffles, yang juga merupakan pendiri Singapura. Botanic Gardens juga termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Apresiasi ini disematkan pada Botanic Gardens dalam World Heritage Committee pada 4 Juli 2015. Ingin tahu isi dalam taman seluas 82 hektar ini? Sebelum kita mengintip ke dalam taman, akan kami terangkan how to get there terlebih dulu.

Padang rumput di Singapore Botanic Gardens.

Padang rumput di Singapore Botanic Gardens.

Cara mencapai lokasi

Meskipun berada di jantung Singapura kalau dilihat dari peta, Botanic Gardens cukup jauh dari pusat wisata seperti kawasan Bugis, Orchard, dan Resort World Sentosa. Anda bisa naik taksi untuk mencapai Botanic Gardens jika enggan berpindah stasiun MRT beberapa kali.

Jika naik MRT dari kawasan Bugis atau Lavender, ambil jurusan Joo Koon. Anda perlu berpindah di Stasiun Buona Vista. Selanjutnya pilih MRT jurusan Bayfront atau Marina Bay. Selang dua stasiun, Anda bisa turun di Botanic Gardens.

Rute berbeda jika Anda berangkat dari kawasan Orchard. Pertama, ambil MRT jurusan Jurong East. Selanjutnya, turunlah di Stasiun Bishan untuk berganti rute dengan jurusan Harbour Front. Botanic Gardens adalah stasiun ketiga setelah Bishan.

Menariknya, begitu keluar dari Stasiun Botanic Gardens, Anda akan langsung menemukan pintu gerbang masuk Singapore Botanic Gardens di depan mata. Dibuka pada pukul 05.00 pagi hingga pukul 12.00 malam, Botanic Gardens ini terbuka untuk umum dan gratis. Anda bisa menyaksikan peta dan informasi lain di bagian depan Botanic Gardens.

Begitu melangkah lebih jauh ke dalam, hamparan padang rumput menghijau dengan angin semilir akan menyambut Anda. Terdapat suatu danau di taman dengan taman angsa di dalamnya. Jika lelah berjalan, Anda bisa beristirahat di bungalow sederhana di sekitar area padang rumput.

Rangkaian anak tangga di tengah kebun anggrek.

Rangkaian anak tangga di tengah kebun anggrek.

Taman Anggrek

Salah satu destinasi favorit di Botanic Gardens ini adalah adalah Orchid Garden atau Taman Anggrek. Untuk mencapai taman ini, Anda perlu berjalan kaki sekitar satu kilometer. Jarak ini terasa sangat jauh, terutama bagi orang Indonesia yang tidak biasa berjalan kaki. Meskipun demikian, bila Anda berjalan kaki bersama dengan keluarga atau teman, jarak yang jauh pun tidak terasa. Apalagi suasana di kawasan Botanic Gardens cukup teduh.

Pintu masuk Orchid Garden sederhana saja, layaknya rumah biasa. Meskipun Botanic Gardens gratis untuk pengunjung, tidak demikian halnya dengan Orchid Garden. Untuk memasuki kawasan ini, harga tiket masuk adalah sekitar 5 dolar singapura.

Pesona di Taman Anggrek Botanic Gardens sungguh luar biasa. Anda dan keluarga bisa menyaksikan ratusan tanaman anggrek dengan kuntum bunga warna-warni dari berbagai spesies. Bahkan, Anda bisa menemukan jenis anggrek yang tergolong langka seperti anggrek hitam dari Pulau Kalimantan. Taman Anggrek ini juga memiliki area khusus berupa rumah kaca yang dilengkapi dengan pendingin udara sebagai habitat anggrek jenis tertentu yang tidak tahan suhu tinggi.

Area taman yang didesain apik juga menjadi latar foto yang cantik. Anda dan keluarga bisa berfoto berlatar semacam kanopi yang terbuat dari tanaman anggrek. Sementara itu, susunan tangga di tengah taman sejenak mengingatkan kita pada taman-taman klasik negeri Tiongkok.

Salah satu ruas jalan di Orchid Garden.

Salah satu ruas jalan di Orchid Garden.

Botanic Gardens juga dikenal sebagai kawasan untuk berolahraga. Jadi, jangan heran jika Anda bertemu dengan masyarakat Singapura atau ekspatriat yang sedang jogging di dalam kawasan Botanic Gardens.

Sebaiknya kunjungi Botanic Gardens pada pagi hari atau sore hari. Saat siang hari, layaknya di negeri tropis lainnya, sinar mentari cukup terik. Suhu udara yang tinggi membuat gerah, sekalipun Anda tengah berada di dalam kawasan Botanic Gardens yang asri dan teduh. Sebaiknya siapkan topi, kacamata hitam, dan air minum yang cukup ketika mengitari Botanic Gardens. Suhu yang panas dan perjalanan jauh bisa membuat tubuh berhujan peluh. [KUL]

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Comments

comments