0909-kecantikan-shutter

Riasan Tepat, Kunci Tampil Awet Muda

Pernahkah Anda melihat seseorang yang menggunakan riasan bukannya bertambah cantik, melainkan justru tampak lebih tua? Tentunya Anda tidak ingin ini terjadi.

Ingin wajah kinclong, kuncinya ada di perawatan rutin tiap hari. Di antaranya, krim malam, pelembab, dan serum atau essence. Tidak lupa tabir surya untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet matahari. Namun, bertambahnya usia tidak bisa ditangkal. Kerut halus di sekitar mata atau bibir paling mudah terlihat.

Siasatnya, selain perawatan untuk melembabkan dan mengencangkan kulit, peran kosmetik atau make up juga tak kalah penting. Riasan yang tepat bisa membuat wajah tampil lebih segar. Begini caranya.

  1. Pilih produk yang sesuai jenis kulit wajah. Tidak hanya produk perawatan kulit wajah, kosmetik juga perlu cocok dengan kulit. Contohnya, jika kulit Anda tergolong berminyak, pilih produk kosmetik yang bisa menyerap minyak pada wajah. Atau bisa juga produk kosmetik yang bisa membantu mengontrol produksi minyak pada kulit wajah.
  2. Hindari mengaplikasikan alas bedak atau foundation terlalu tebal. Alas bedak yang terlalu tebal bisa membuat tampilan riasan seperti topeng. Selain itu, alas bedak yang terlalu tebal bisa terlihat retak-retak menyerupai garis wajah.
  3. Hindari tampilan terlalu gelap. Pemakaian alas bedak dan bedak yang lebih gelap daripada warna kulit wajah dapat membuat tampilan tampak lebih tua. Pilih alas bedak dan bedak yang paling tidak menyerupai warna kulit asli wajah atau sedikit lebih terang. Ini akan menciptakan efek segar pada wajah.
  4. Berikan concealer atau matte eyeshadow warna kulit di area bawah mata. Area bawah mata biasanya cenderung menghitam akibat kelelahan, kurang istirahat, atau ketika sedang sakit. Selain itu, area ini juga cenderung mudah berkeriput. Siasatnya adalah mengaplikasikan concealer atau matte eyeshadow tipis-tipis di area bawah mata agar wajah terlihat lebih segar dan muda.
  5. Hindari membuat alis terlalu tebal. Alis terlalu tebal tidak hanya menciptakan kesan garang, wajah pun bisa tampak lebih tua. Antisipasi agar alis tidak terlalu tebal adalah memakai pensil alis warna cokelat atau abu-abu. Atau bisa juga paduan antara pensil alis cokelat-hitam atau kelabu-hitam.
  6. Lipstik secukupnya. Jika riasan mata cukup menonjol, hindari menggunakan lipstik yang terlalu pekat. Misalnya, merah tua atau ungu gelap. Pilih lipstik dengan warna moderat atau lebih tipis seperti merah bata atau fusia.
  7. Eyeshadow Jika Anda berniat untuk memfokuskan pada area bibir dengan pemakaian lipstik gelap, lebih baik redam agar riasan tidak berlebihan. Caranya adalah dengan mengaplikasikan eyeshadow yang tidak terlalu tebal. Misalnya, warna lipstik merah pekat, pilih eyeshadow yang lebih natural seperti cokelat muda yang dibaurkan.
  8. Riasan tipis tetapi lembab. Agar kulit tampak segar dan lebih muda, jangan lupa gunakan pelembab wajah yang sesuai, apalagi bila aktivitas banyak dilakukan di ruangan ber-AC. Jika ingin riasan tidak terlalu “berat”, Anda bisa menggunakan BB cream atau CC cream sebagai pengganti foundation.
  9. Terakhir, semprotkan face mist atau setting spray setelah merias wajah. Selain membantu riasan tetap awet, produk ini dapat membantu membuat wajah tampak lebih segar. [KUL]

Foto/Ilustrasi: Shutterstock

Comments

comments