01

Larut dalam Keceriaan D’Essentials of Groove

Iringan musik mengentak. Menyeruak dari balik tirai tipis putih yang menjuntai di panggung. Tembang Heaven pun melantun mulus mengawali konser D’Essentials of Groove di Plenary Hall, JCC Senayan, Jakarta, Selasa (6/9) malam. Etalase Bintaro berkesempatan meliput langsung kolaborasi langka grup musik Tanah Air ini.

Penonton yang umumnya berbusana putih bersorak, kian berjingkrak begitu tirai tersibak. Pekik riuh menyambut para vokalis MALIQ & D’Essentials dan The Groove yang bernyanyi sambil setengah berlari dari tengah panggung. Aransemen lagu bertempo cepat dan aksi panggung yang penuh semangat seolah menyetrum penonton untuk bergoyang.

Para personel MALIQ & D’Essentials dan The Groove yang tampil bernuansa serba putih menari dengan koreografi yang kompak. Konser ini kian semarak dengan kerdip merah dari light bracelets yang dikenakan para penonton. Menampilkan kesan artistik.

Suasana konser penuh keceriaan dengan tata panggung yang apik.

Suasana konser penuh keceriaan dengan tata panggung yang apik.

“Seru banget kolaborasi mereka. Didukung tata lampu yang keren, suasana panggung juga terasa hidup,” ujar Norini, warga Tangerang Selatan yang datang ke konser bersama suami.

Konser yang bertajuk unik D’Essentials of Groove ini terangkai dari penggabungan nama MALIQ & D’Essentials dan The Groove. Artinya, kira-kira alunan konser yang spesial. Kolaborasi pada awal konser berlanjut pada sajian musik asyik dari MALIQ & D’Essentials. Sebutlah lagu-lagu seperti Setapak Sriwedari, Aurora, Himalaya, Beri Cinta Waktu, Kangen, dan Terdiam.

Mengalir

MALIQ & D’Essentials yang bermarkas di Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan ini kondang sebagai grup musik yang beraliran soul dan pop jazz. Beranggotakan Angga Puradiredja (vokal), Widi Puradiredja (drum), Indah Wisnuwardhana (vokal), Arya “Lale” Aditya Ramadhya (gitar), Dendi “Javafinger/Jawa” Sukarno (bass), dan Ilham Ibrahim (keyboard), MALIQ & D’Essentials berhasil membawa para penonton larut dalam suasana lagu.

Di sela-sela penampilannya, Angga sempat menuturkan konser kolaborasi ini membuat MALIQ & D’Essentials merasa terhormat, mengingat beberapa tahun lalu, mereka belumlah apa-apa. Namun, saat ini penonton memadati area konser dan turut menyanyikan lagu-lagu MALIQ & D’Essentials.

“Kami juga mengucapkan terima kasih pada keluarga, rekan, partner, dan teman-teman yang ikut hadir di konser ini,” tutur Angga.

Aksi sang vokalis.

Aksi sang vokalis.

Tidak hanya larut dalam aura keceriaan dari lagu-lagu MALIQ & D’Essentials, atmosfer berubah menjadi melankolis ketika Widi, adik dari Angga tampil dan membawakan lagu Untitled yang juga merupakan lagu hits dari MALIQ & D’Essentials. Berkolaborasi dengan Lale sang gitaris, Widi menyanyikan Untitled yang diikuti senandung dari penonton konser. Kilatan sorot lampu biru dari panggung dan pendar warna-warni dari light bracelets menyuguhkan suasana yang kian romantis.

Suasana kembali meriah ketika MALIQ & D’Essentials kembali berkolaborasi dengan The Groove. Bersama, mereka membawakan lagu Coba Katakan dengan Cinta karya Yovie Widianto. Usut punya usut, ternyata lagu ini diambil dari lagu MALIQ & D’Essentials yang berjudul Coba Katakan dan lagu The Groove yang berjudul Katakan dengan Cinta.

Yovie yang mengaransemen lagu Coba Katakan dengan Cinta mengaku, para penggemar MALIQ & D’Essentials dan The Groove sangat antusias ketika dilakukan aktivasi di media sosial untuk mencari judul theme song dari kumpulan lagu hits MALIQ & D’Essentials dan The Groove.

Permainan tata lampu yang memukau.

Permainan tata lampu yang memukau.

“Ketika semua judul yang dikumpulkan telah disaring dari semua peserta, terpilihlah judul yang sangat menarik didengar, yakni Coba Katakan dengan Cinta. Saat membuat lirik lagu ini, kata-kata indah tertuai mengalir dengan mudah, sebuah judul lagu yang mudah dipahami dan easy listening,” kata Yovie. [KUL]

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Comments

comments