0109-keuangan(shutter)

Strategi Gunakan Kartu Kredit

Kartu kredit sebagai malaikat penyelamat atau mimpi buruk, keputusannya ada di tangan Anda. Jika kartu kredit dianggap sebagai cara untuk berbelanja gratis, jangan kaget bila tagihan kartu kredit mengejar-ejar Anda. Lain halnya jika kartu kredit difungsikan sebagai media pembayaran untuk transaksi penting, pemakaian kartu kredit akan lebih menguntungkan.

Jika ingin bijak menggunakan kartu kredit, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Beberapa contoh ini bisa menjadi masukan.

  1. Untuk transaksi strategis. Gunakan kartu kredit untuk keperluan transaksi yang penting dan prioritas. Misalnya, Anda ditugaskan melakukan kunjungan kerja mendadak ke luar kota. Kartu kredit bisa digunakan untuk membeli tiket pesawat. Contoh lainnya, Anda kerap melakukan transaksi jual-beli produk antarnegara dengan akun tertentu seperti Paypal, kartu kredit juga menjadi keharusan.
  2. Untuk kondisi darurat. Kartu kredit bisa menjadi penyelamat ketika Anda tengah berada di luar negeri. Ketika uang tunai habis atau ketinggalan pesawat, kartu kredit bisa menjadi jalan keluar untuk bertransaksi karena umumnya pemakaian kartu kredit bisa diterima di berbagai negara.
  3. Untuk keperluan membeli kebutuhan tertentu. Misalnya, sofa di rumah rusak. Padahal, pada saat yang sama, Anda perlu membayar uang sekolah dan uang kuliah anak serta masih memiliki tagihan kredit rumah atau kendaraan. Jalan keluarnya adalah pemakaian kartu kredit untuk membeli furnitur. Pilih program cicilan dengan bunga 0%. Ini akan membantu mengatasi masalah keuangan Anda.

Meskipun kartu kredit bisa membantu sejumlah permasalahan keuangan, ada hal-hal yang tidak boleh lengah seputar pemakaian kartu kredit. Salah satunya, hindari menggunakan kartu kredit hingga overlimit atau melebihi batas pemakaian kartu. Selain itu, selalulah membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu dan sesuai nilai yang tertera pada tagihan.

Ada baiknya, catatlah setiap penggunaan kartu kredit. Simpanlah struk transaksi belanja dengan menggunakan kartu kredit. Hitunglah jumlahnya. Dengan cara ini, semua pengeluaran Anda akan terekam.

Sebelum menggunakan kartu kredit, sebaiknya perhitungkan kemampuan finansial diri sendiri. Perhitungkan pula jumlah pengeluaran rutin bulanan dan tagihan-tagihan lainnya. Misalnya, pembayaran cicilan kredit rumah, pengeluaran untuk listrik dan PAM, serta kebutuhan-kebutuhan prioritas lainnya seperti biaya BBM atau biaya transportasi.

Biasanya kartu kredit mempunyai poin-poin khusus dalam setiap pemakaiannya. Meskipun demikian, hindari menggunakan kartu kredit hanya sekadar untuk mengejar poin. Tetap prioritaskan kebutuhan terpenting dalam pemakaian kartu kredit. Apabila terdapat poin dalam pemakaian kartu kredit, simpan terlebih dulu.

Tukarkan poin yang terkumpul dari kartu kredit untuk mengikuti undian berhadiah. Selain itu, poin yang terkumpul juga bisa digunakan sebagai potongan untuk pembelian produk tertentu. Pilihlah produk yang penting atau produk-produk kebutuhan tertentu ketika akan menggunakan poin kartu kredit sebagai potongan harga. Pemakaian poin kartu kredit ini dapat membuat harga produk menjadi lebih murah. Meskipun sederhana, cara-cara ini akan membantu Anda dalam mengatur keuangan dan pemakaian kartu kredit. [KUL]

Ilustrasi: Shutterstock

Comments

comments