0109-serba-serbi (shutter)

Cara Tepat Memperlakukan Lemari Es

Lokasi lemari es paling strategis adalah dekat dengan dapur dan mudah dijangkau dari ruang makan. Sebenarnya, tidak hanya penempatan ini yang perlu Anda perhatikan. Demikian juga ketika memasukkan bahan makanan yang telah bersih dan dikemas, tidak berarti kulkas bisa menjaga makanan tetap segar dan higienis.

Ketika pertama kali membeli lemari es, sebaiknya jangan langsung digunakan. Hindari langsung mengaktifkan lemari es dan memasukkan makanan ke dalamnya. Agar bersih dari debu, sebaiknya bersihkan lemari es terlebih dulu.

Bila telah bersih, aktifkan lemari es dan diamkan selama sekitar setengah jam. Setelah dingin, masukkan bahan makanan yang ingin disimpan dalam lemari es. Hindari memposisikan lemari es dalam kondisi horisontal atau menidurkan lemari es. Komponen mesin pada lemari es bisa berubah dan berisiko membuat lemari es rusak.

Penempatan lemari es pun sebaiknya jangan sembarang. Hindari menancapkan kabel lemari es pada stop-contact listrik. Sebaiknya tambahkan penghubung arus listrik tambahan. Ini untuk menghindarkan risiko terjadinya korsleting.

Layaknya peralatan rumah tangga elektronik lainnya, pastikan penempatan kabel listrik lemari es jauh dari sumber air. Jauhkan pula dari risiko cipratan air untuk menghindari korsleting. Sebaiknya lokasi lemari es juga jauh dari sumber api.

Ingin tampilan lemari es terlihat berbeda? Berikan kain khusus untuk melapisi bagian atas lemari es. Selain mempercantik tampilan, kain ini dapat melindungi lemari es dari debu. Untuk bagian bodi lemari es, sebaiknya bersihkan jika terkena noda cipratan makanan atau coret-coretan dari makanan.

Agar awet     

Mencampurkan semua jenis makanan dalam lemari es bukanlah langkah bijak. Ini justru bisa memicu kontaminasi antarmakanan. Sebaiknya pisahkan bahan makanan atau makanan mentah dengan makanan yang matang.

Cuci dan keringkan sayuran sebelum masuk lemari es. Bisa juga dengan membungkus sayuran dengan kain bersih untuk mencegah lembab. Buah-buahan pun perlu dicuci sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Cara ini dapat membuat lemari es terjage kebersihannya.

Aturlah suhu dan kelembaban lemari es. Lemari es yang suhu dinginnya terjaga dapat mendukung kesegaran makanan di dalamnya. Untuk itu, hindari terlalu banyak menyimpan bahan makanan di dalam lemari es hingga berhimpitan agar sirkulasi udaranya tidak terganggu.

Selain melakukan pembersihan lemari es secara rutin, segera bersihkan lemari es jika kotor. Misalnya akibat tumpahan kuah sup atau jus. Bekas tumpahan makanan atau minuman dalam lemari es yang tidak segera dibersihkan dapat membuat noda dalam lemari es yang susah dibersihkan.Ketika membersihkan lemari es, jangan lupa bersihkan bagian sudut-sudutnya karena bagian ini sering terlupakan.

Anda juga dapat memasang penyerap kelembaban khusus untuk lemari es. Penyerap kelembaban ini biasanya berbentuk butiran gel atau wadah dengan bahan penyerap khusus. Anda bisa mendapatkannya di minimarket atau supermarket terdekat. Selamat mencoba. [KUL]

Foto: Shutterstock

Comments

comments