2908-vespa(shutter)

Tips Kunci Merawat Vespa “Zadul”

Semakin langka, semakin dicari. Meskipun performa vespa tua kalah prima dengan sepeda motor zaman sekarang,  kendaraan ini menjadi koleksi tersendiri. Jika Anda salah satu penggemar vespa tua, ketahui trik perawatannya, lebih-lebih ketika Anda ingin sesekali mengendarainya. Berikut ini tips kuncinya.

Busi

Sebenarnya tidak hanya pada vespa, sepeda motor tua lainnya juga kerap bermasalah dengan bagian busi. Penyebabnya bermacam-macam, misalnya akibat sistem kerja mesin 2 tak, oli samping tidak cocok, dan jenis bahan bakar kurang pas.

Tidak ada cara lain untuk menanganinya kecuali rajin-rajin mengecek busi. Jika vespa jarang digunakan, pengecekan bisa 6 bulan sekali.  Namun, jika vespa sering dikendarai, pengecekan busi bisa lebih sering. Misalnya, sebulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Saat memeriksa busi dan terlihat ada kotoran atau kerak,  segera langsung bersihkan.  Hindari menunda-nunda pembersihan busi jika tidak ingin mengalami masalah dalam berkendara. Kerak dalam busi ini bisa membuat mesin vespa tidak bekerja dengan maksimal.

Cara membersihkan busi bisa dengan membersihkan bagian kerak. Bersihkan bagian dalamnya dengan kawat atau alat pencungkil lainnya.  Untuk membersihkan kotoran pada busi, gunakan sedikit bensin.  Perlu diingat, ketika membersihkan busi, pastikan busi dalam kondisi dingin untuk menjaga keawetannya.

Karburator

Bagian karburator vespa juga perlu diperhatikan.  Masalah karburator tersumbat adalah hal umum yang terjadi pada vespa. Efeknya,  akselerasi terhambat,  laju vespa bisa tersendat.

Karburator tersumbat seharusnya tidak terjadi jika perawatan vespa dilakukan rutin, berikut pengecekan karburator dan pembersihannya. Pembersihan karburator rutin dapat membuat vespa tua lebih moncer.

Bagian-bagian karburator yang perlu dibersihkan antara lain saringan udara,  saluran udara, dan saluran bensin.  Bersihkan hingga bagian-bagian yang paling tersembunyi dengan kompresor. Jangan lupa, pasang kembali komponen karburator dengan kuat atau kencang agar karburator tetap dalam kondisi baik.

Perawatan vespa yang sudah uzur perlu ketelatenan. Busi dan karburator hanyalah beberapa komponen yang perlu diperhatikan.  Soal mesin, roda,  lampu,  dan bagian lain seperti bodi juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika tak sempat merawat sendiri, bawalah vespa ke bengkel untuk servis paling tidak sebulan sekali.

Selamat merawat vespa kesayangan Anda. [KUL]

foto: shutterstock

noted: Tips Kunci Merawat Vespa Zadul

Comments

comments