IMG_8437_web

Rasa Lombok di Bintaro

Petualangan rasa kini memang tak harus menuntut setiap orang berada di lokasi orisinalnya. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan Jabodetabek, menemukan varian kuliner Nusantara di sini mudah saja. Bahkan, jika Anda berburu kuliner khas Lombok sekalipun. Tidak percaya? Tengok saja di Bintaro.

Tidak jauh dari lingkungan tempat tinggal Anda, warga Bintaro dan sekitarnya terdapat rumah makan yang menyediakan masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Putera Lombok namanya. Rumah makan ini berlokasi di jajaran ruko Kebayoran Arcade I, Sektor 7, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Menemukan rumah makan ini, Anda tidak perlu kepo lagi soal ayam bakar taliwang ataupun pelecing kangkung.

Interior rumah makan Putera Lombok | Foto-foto: Nikikula

Interior rumah makan Putera Lombok | Foto-foto: Nikikula

Rumah makan dua lantai ini menyuguhkan kenyamanan dan kehangatan di tiap sudutnya. Panel kayu kecokelatan di lantai 1 dengan sinar lampu temaram sungguh kontras dengan suasana luar rumah makan pada siang hari. Jika Anda ingin menikmati udara segar, masih dalam suasana yang akrab, beranjaklah ke lantai 2. Anda bisa memilih set meja kursi yang berdekatan dengan jendela yang terbuka dan menyajikan pemandangan jalan raya.

Sate Rembige

Sate Rembige

Sajian khas

Soal masakan Lombok, ayam bakar memang menjadi menu wajib. Di Putera Lombok, Anda bisa memilih ayam bakar taliwang 1 ekor atau 1/2 ekor. Jika Anda datang bersama keluarga, sebaiknya pilih ayam bakar satu ekor. Lain jika datang hanya bersama seorang teman, ayam bakar taliwang ½ porsi atau ½ ekor bisa dinikmati hingga dua orang. Bila tidak suka rasa yang terlalu pedas, mintalah agar ayam bakar taliwang dimasak sedang pedasnya.

Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Tidak perlu berlama-lama menanti, pesanan akan segera datang. Ayam bakar taliwang di Putera Lombok disajikan lengkap dengan lalapan. Sajian ayam bakar taliwang sepintas tidak meyakinkan. Ayam bakar ini tampak tidak menarik karena bumbu rempah yang dilumurkan cukup tebal menyelimuti hampir seluruh bagian ayam.

Namun, justru di situlah letak kelezatannya. Bumbu rempah yang melimpah meresap sempurna ke setiap lapisan daging. Ini membuat setiap lapisan daging dan bumbu layak dicicipi hingga tandas.

Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Tidak lengkap bersantap jika tanpa sayuran pendamping sebagai pelengkap gizi. Pelecing kangkung bisa menjadi pesanan Anda berikutnya. Satu porsi pelecing kangkung cukup banyak. Di dalamnya tidak hanya terdapat kangkung, ada kacang panjang, kecambah, dan kacang tanah. Bumbu tomat yang diletakkan di atas sayuran membuat pelecing kangkung ini tampak menggoda. Peraslah jeruk nipis di atas bumbu tomat yang dicincang kasar. Paduan cincangan tomat, air jeruk nipis, dan kelapa yang diparut dan disangrai (serundeng) ini akan menyuguhkan sensasi gurih dan segar.

Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung

Jika haus, pilihan minuman yang bisa Anda cukup beragam. Di Putera Lombok terdapat varian minuman seperti es jeruk manis, es jeruk nipis, es kelapa muda, es kelapa jeruk, dan es kelapa madu. Es tape kong adalah menu minuman yang patut dicoba. Di dalam es tape kong, Anda akan menemukan irisan kelapa muda segar yang dicampur dengan potongan tape singkong. Kuahnya adalah santan yang tidak terlalu kental yang dingin berkat campuran es. Minuman ini terbilang unik dan menyegarkan.

Es Tape Kong

Es Tape Kong

“Menurut saya, Putera Lombok ini masakannya cukup enak. Lumayan mendekati rasa masakan khas Lombok aslinya,” ungkap Anto, salah satu pengunjung Putera Lombok.

Pilihan masakan lain di Putera Lombok juga tak kalah menggoda selera. Misalnya, sate rembige, beberuk terung, nasi goreng taliwang, dan pepes patin bumbu rajang. Soal harga, varian makanan dan minuman di Putera Lombok sebenarnya tidak terlalu mahal. Apalagi jika Anda bersantap bersama teman atau keluarga. Tertarik mencoba bersama keluarga dan teman-teman? [KUL]

noted: Rasa Lombok di Bintaro

Comments

comments