2408-serba-serbi (shutter)

Lancar Kerja dari Rumah, Bagaimana Caranya?

Tren bisnis online belum akan pudar. Ini bisa kita lihat dari semakin maraknya bisnis yang dijalankan melalui website, atau bahkan hanya melalui media sosial. Mungkin Anda salah satu di antaranya. Bisnis yang berbasis online bisa dimulai dari kantor “dadakan” di rumah sendiri. Namun, bagaimana cara menarik garis tegas antara profesionalisme dan kehidupan pribadi?

Bekerja dari rumah juga tidak hanya dialami oleh para pendiri startup. Sejumlah pekerja kantoran pun kadang-kadang terpaksa membawa pekerjaan ke rumah atau harus mengerjakan laporan di rumah akibat waktu tenggat dekat.

Untuk itu, persiapan Anda perlu lebih banyak jika harus “ngantor” di rumah. Persiapannya, tentu menyediakan kamar atau ruang khusus untuk bekerja. Bekerja di dalam kamar tidur terkadang membuat sebagian orang merasa malas dan enggan. Namun, dengan menyiapkan ruangan khusus, pikiran biasanya lebih fokus bekerja.

Ruangan saja tidak cukup jika tanpa peralatan atau perlengkapan yang mendukung. Jadi, tambah atau isi ruang kerja dengan perlengkapan terkait pekerjaan. Untuk furnitur, umumnya standar, ada meja dan kursi, sesuaikan dengan jumlah orang dan kebutuhan. Perangkat komputer atau laptop, lengkap dengan koneksi internet seolah menjadi keharusan saat ini. Hampir semua jenis pekerjaan dan bisnis memerlukan jaringan internet yang memadai.

Penerangan yang memadai dan sirkulasi udara dalam ruangan juga perlu dipertimbangkan. Intinya, Anda perlu nyaman di ruang kantor dalam rumah. Selain itu, peralatan “printilan” seperti alat tulis, buku catatan, tempat sampah, dan elemen dekorasi ruangan bisa ditambahkan di akhir. Anda bisa memajang benda-benda favorit atau dekorasi yang sentimentil jika ruangan digunakan sendiri. Namun, jika ruangan digunakan juga untuk bertemu dengan pelanggan atau klien atau melibatkan banyak orang, sebaiknya berikan sentuhan dekoratif yang umum.

Jika ruang kerja bersifat personal, Anda juga bisa memberikan sentuhan yang juga personal. Dekorasi bisa lebih leluasa sesuai selera. Di sinilah Anda bisa menciptakan mood dalam ruangan kerja agar terasa lebih nyaman lagi.

Contoh sederhananya adalah menyetel musik favorit. Cara lainnya adalah dengan memasang aromaterapi, memajang foto narsis, dan menempatkan sofa empuk di sudut ruangan untuk beristirahat sejenak.

Tantangan

Menyediakan ruangan sendiri memang tak lantas jadi semua solusi. Ketukan pintu dari pasangan, anak, atau saudara yang meminta bantuan “ini-itu” tidak bisa ditampik, sangat mungkin terjadi. Meskipun perkara sepele, ini bisa membuat buyar konsentrasi pekerjaan tertentu. Jika Anda bekerja dari rumah, siaplah dengan risiko ini.

Belum lagi teguran dari anggota keluarga jika kerja di rumah seharian atau lebih sampai lembur-lembur. Tidak semua orang bisa memahami pekerjaan yang dikerjakan dari rumah. Untuk itu, Anda perlu menjelaskan dengan sabar tentang pekerjaan yang dilakoni.

Jika Anda bekerja dari rumah sekaligus merangkap sebagai ibu rumah tangga, tantangannya lebih besar lagi. Kemampuan multitasking diperlukan di sini. Tantangannya adalah berlarut-larut mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau mengurus anak dan melupakan pekerjaan. Atau sebaliknya, terlalu lama tenggelam dalam pekerjaan sampai-sampai lalai mengerjakan pekerjaan rumah dan melupakan keluarga. Salah satu solusinya adalah manajemen waktu. Aturlah jam-jam untuk bekerja dan jam-jam untuk mengurus keluarga.

Bekerja dari rumah umumnya tak selalu mudah. Namun, jika ini keputusan Anda, bersiaplah dengan konsekuensinya, berikut solusi-solusi dalam menghadapi persoalan yang bermunculan nantinya. [KUL]

noted: Lancar Kerja dari Rumah Bagaimana Caranya

Comments

comments