2308-pendidikan (shutter)

Mau Fokus Kuliah, Ini Caranya

Kuliah berlama-lama? No way! Masa kuliah yang hanya 3,5-4 tahun ngaret jadi 5-6 tahun tidak hanya membuang-buang waktu kamu. Waktu yang terbuang menjadi sia-sia jika kamu tidak melakukan apa-apa. Jumlah biaya kuliah yang dibayarkan pun tambah banyak.

Ingin lulus kuliah tepat waktu? Ada caranya. Kamu bisa mencobanya satu-satu. Namun, lakukan cara-cara ini dengan konsisten dan jauhi godaan-godaannya.

Hindari menunda 

Penyebab sikap menunda-nunda adalah rasa malas. Jadi, jika kamu ingin mengerjakan sesuatu dengan cepat, jangan terlalu banyak alasan agar bisa menunda pekerjaan. Fokuslah pada tujuan. Lawanlah rasa bermalas-malasan jika ingin kuliah selesai tepat waktu dan nilainya bagus. Mulailah dari hal yang paling sederhana. Misalnya, begitu mendapatkan penugasan dari dosen, segera kerjakan dengan baik meskipun waktu yang diberikan adalah satu minggu. Dengan begitu, ketika menjelang hari pengumpulan tugas, kamu sudah siap dengan tugas.

Ingat waktu

Clubbing atau nongkrong bersama teman-teman se-geng di kafe, boleh saja. Namun, tidak lantas kamu bisa clubbing setiap hari. Pilihlah waktu saat akhir pekan atau hari libur lainnya. Agar clubbing tidak menjadi beban, lebih baik kerjakan tugas-tugas kuliah lebih dulu. Barulah setelah itu, kamu bisa bersenang-senang dengan teman-teman. Clubbing dan nongkrong pun lebih plong tanpa beban pikiran.

Cari yang nyaman

Tidak betah belajar di rumah atau mengerjakan tugas di perpustakaan? Lebih baik cari spot lain yang lebih membuat kamu nyaman dan senang. Contohnya, kafe favorit, sudut-sudut kampus yang nyaman, atau taman kota untuk mencari inspirasi. Jika tidak berhasil mencari tempat yang nyaman, saatnya mengubah kamar tidur menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk mengerjakan tugas. Bersihkan dan tatalah kamar seperti yang kamu inginkan. Misalnya, menempatkan sofa empuk dengan bantalan nyaman dan meja kecil untuk mengerjakan tugas dengan laptop.

Prioritas

Ikut ekstrakurikuler kampus atau unit kegiatan mahasiswa (UKM), silakan saja. Namun, tetapkan pada prioritas pada kuliah dan tugas-tugas dari dosen. Aturlah waktu agar kegiatan di kampus tidak berbentrokan atau mengganggu waktu kuliah. Untuk menyiasatinya, kamu bisa belajar dan mengerjakan tugas hingga tuntas, barulah setelah itu bergabung dengan teman-teman lain beraktivitas di UKM.

Tertib administrasi

Pendaftaran mata kuliah, pembayaran kuliah, dan berkas-berkas administrasi jangan sampai ketinggalan. Catatlah masa-masa pengisian KRS dan jadwal pembayaran agar jangan sampai ketinggalan dan terkenda denda. Ketika mendapatkan tugas kuliah, cek ulang agar kelengkapan lain seperti dokumentasi tidak ketinggalan.

Tetap fokus

Godaan ketika menjalani kuliah cukup banyak. Bersenang-senang dengan teman dan pacar hanyalah contohnya. Namun, mengambil pekerjaan paruh waktu (part time) dan merintis bisnis saat kuliah juga bisa membuat fokus pada kuliah menjadi goyah. Untuk itu, diperlukan manajemen waktu yang baik dan konsistensi semangat agar kuliah dengan lancar dan lulus tepat waktu. [KUL]

noted: Mau Fokus Kuliah Ini Caranya

Comments

comments