2208-Menggunakan CC dgn Bijak

9 Tips Berguna bagi Pemegang Kartu Kredit

Kartu kredit kerap dianggap “jahat”. Munculnya tagihan pembayaran per bulan membuat keluarnya uang terasa berat. Belum lagi jika tagihan tidak segera dilunasi, masalah bunga berbunga membuat tagihan kartu kredit seperti mimpi buruk.

Sebenarnya ada cara agar hari-hari Anda tidak dibayang-bayangi tagihan kartu kredit. Akan tetapi, terlebih dulu perlu komitmen yang kuat dalam diri sendiri ketika menggunakan kartu kredit, mulai dari antisipasi penggunaan, pemilihan pemakaian, hingga pembayaran.

  1. Perhitungkan kemampuan finansial Anda. Mulai dari perhitungan pendapatan setiap bulannya, pembiayaan rutin seperti biaya listrik dan air PAM, asuransi, dan tabungan. Porsi pemakaian kartu kredit usahakan di luar pengeluaran rutin bulanan ini.
  2. Definisikan kebutuhan prioritas. Anda perlu tahu dengan pasti kebutuhan-kebutuhan rutin dan kebutuhan mendasar dalam pengeluaran bulanan. Misalnya, mulai dari pengeluaran untuk membeli sanitary product, seperti sabun mandi dan peralatan bersih-bersih, hingga biaya internet untuk pemakaian Wifi dalam menjalankan bisnis online. Selanjutnya, gunakan kartu kredit benar-benar untuk kebutuhan yang mendesak.
  3. Hindari menggunakan kartu kredit untuk membeli produk konsumsi. Sebaliknya, gunakan kartu kredit untuk hal-hal yang bermanfaat. Misalnya, mencicil furnitur atau membeli tiket pesawat terbang untuk keluar kota atau luar negeri.
  4. Jika kemampuan finansial mendukung, tetap gunakan kartu kredit jika tersedia penawaran atau promo khusus. Misalnya, penawaran diskon hingga 15 persen di restoran merchant atau restoran yang bekerja sama dengan kartu kredit.
  5. Sebelum menggunakan kartu kredit, pastikan Anda telah menghitung dengan baik bahwa Anda bisa membayar tagihannya tanpa mengganggu keseimbangan perhitungan keuangan. Misalkan tagihan kartu kredit Rp 1 juta, pastikan Anda mempunyai kemampuan membayar di atas nilai nominal tersebut, misalnya Rp 2 juta.
  6. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit dan jangan hanya sekadar mengumpulkan poin-poin kakrtu kredit. Kartu kredit biasanya memberikan daya tarik melalui poin-poin yang dikumpulkan dan bisa ditukarkan dengan nomor undian berhadiah. Namun, tetaplah berkeputusan, jika tidak ada sesuatu yang penting dan mendesak, hindari pemakaian kartu kredit sesuka hati. Jangan mudah tergiur promo kartu kredit.
  7. Bayarlah kartu kredit sesuai jumlah nominal yang tertera dalam tagihan. Hindari membayar hanya jumlah minimal karena tagihan-tagihan berikutnya akan terasa kian tinggi karena pengaruh bunga yang dikenakan pada tagihan kartu kredit yang belum dibayar.
  8. Bayarlah tagihan tepat waktu, pembayaran tagihan kartu kredit yang lewat dari batas waktu yang ditentukan juga bisa berakibat pada munculnya bunga dalam tagihan kartu kredit. Jika tidak ingin terperangah melihat angka nominal tagihan yang semakin tinggi pada bulan berikutnya, bayarlah kartu kredit sebelum terlambat.
  9. Hindari terlalu banyak mempunyai kartu kredit. Satu kartu kredit sudah cukup. Namun, jika Anda mempunyai kebutuhan tinggi terhadap kartu kredit, misalnya digunakan dalam transaksi bisnis online dengan akun Paypal dan sejenisnya, pembedaan jenis kartu kredit untuk bisnis dan untuk kepentingan pribadi tidak masalah. Meskipun demikian, jangan lengah. Tetap pantau pemakaian kartu kredit agar tidak melebihi batas kemampuan finansial Anda.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda, para pemegang kartu kredit. [KUL]

noted: 9 Tips Berguna bagi Pemegang Kartu Kredit

Comments

comments