1908-kesehatan

Berapa Jumlah Asupan Gula Ideal untuk Diabetes?

Apakah ada anggota keluarga Anda yang mengalami diabetes? Semoga saja tidak. Namun ketika seseorang dinyatakan mengalami diabetes, ia dianjurkan untuk berdiet. Tafsirannya seringkali menjadi pantang makan nasi. Semua makanan yang manis-manis dijauhi. Semua yang mengandung gula dihindari. Namun apa benar begitu caranya?

Justru jika menjadi antipati pada gula dan menjauhi semua yang manis, orang yang mengalami diabetes atau diabetesi justru terancam hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah. Seperti kadar gula berlebihan atau di atas 200 mg/dl (hiperglikemia), hipoglikemia juga bisa berakibat fatal.

Jadi, biar tidak salah menerapkan pola makan, sebaiknya perhatikan pola diet Anda. Selain itu, ada beberapa informasi dasar tentang penyakit diabetes yang perlu Anda tahu.

Asupan gula
Idealnya asupan gula adalah sekitar 20 gram per hari. Ini menurut WHO. Pertimbangannya, sumber gula bisa didapat dari sayuran yang “manis” seperti wortel dan buah-buahan. Belum lagi ditambah kalori atau kandungan gula dalam makanan berkarbohidrat seperti nasi. Jadi, jumlah maksimal 20 gram per hari ini di luar santap utama.

Takaran
Bagaimana cara mengukur jumlah asupan gula per gram? Untuk lebih mudahnya, satu sendok teh penuh berisi gula kisarannya adalah 5 gram. Jadi, paling tidak konsumsi gula per hari maksimal 4 sendok teh gula.

Minuman dalam kemasan
Kebanyakan minuman yang dikemas dan dijual bebas di pasaran mengandung kadar gula tinggi, kecuali air putih. Misalnya, teh botol, susu kotak, atau jus dalam kaleng. Kandungan gula dalam satu minuman dalam kemasan bisa mencapai 15-25 gram. Untuk itu, ada baiknya mencermati tabel komposisi kandungan minuman dalam kemasan sebelum membeli.

Tentang nasi putih
Ketika mengalami diabetes, bukan berarti kita harus “bermusuhan” dengan nasi. Anda tetap bisa mengonsumsi nasi dan sumber karbohidrat lain seperti mi dan roti. Akan tetapi, batasilah jumlah yang dikonsumsi atau kurangi porsinya. Jika biasanya mengonsumsi satu sendok nasi setiap kali bersantap, kurangilah menjadi setengahnya saja. Sebagai ganti porsi nasi yang kurang, Anda bisa menambah porsi sayur dan buah. Alternatif pengganti nasi putih adalah beragam jenis umbi-umbian.

Menyoal gaya hidup
Diabetes terbagi menjadi tipe I dan tipe II. Diabetes tipe I biasanya dilatarbelakangi oleh faktor keturunan. Sementara itu, penderita diabetes tipe II banyak dipengaruhi oleh gaya hidup. Gaya hidup yang sangat berperan dalam kemunculan penyakit diabetes adalah kurangnya olahraga, stres, dan kurang istirahat. Jadi, untuk mencegah dan menangani diabetes, sebaiknya perbanyak aktivitas fisik, kelola stres, dan tambah jam istirahat.

“Salah makan”
Maksudnya tentu bukan keracunan. Salah makan artinya, paduan makanan kurang pas. Contohnya, mengonsumsi nasi dengan campuran mi, atau paduan roti dan kentang goreng. Bila dicermati, paduan tersebut adalah sumber karbohidrat. Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi nasi dengan tumis kentang, berarti asupan karbohidrat berlipat. Hindari paduan makanan ini.

Biasakan
Menjauhi makanan yang tinggi kalori atau tinggi gula memang tidak mudah, apalagi jika seseorang adalah penyuka makanan manis. Solusinya, kurangilah asupan gula sedikit demi sedikit, lakukan dengan konsisten dan disiplin. Kebiasaan baru diet sehat ala diabetesi pun akan terbangun. foto: shutterstock [KUL]

noted: Berapa Jumlah Asupan Gula Ideal untuk Diabetes?

Comments

comments