04. Jogging

Persiapan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung bagi orang yang tidak terbiasa atau pemula memang tidak mudah. Jika carrier atau tas gunung telah ada, jangan lupa siapkan fisik Anda.

Ada sejumlah tantangan saat mendaki gunung. Di antaranya adalah jalur pendakian yang terjal dan sempit. Jalan menurun yang curam. Perlintasan yang berbatu dan berpasir ketika musim kemarau, dan menjadi licin dan berlumpur ketika hujan. Belum lagi ditambah oksigen yang semakin menipis begitu pendakian semakin tinggi. Beban berat tubuh dan tas bawaan seolah bertambah.

Tantangan lainnya adalah suhu udara. Pada malam hari, suhu udara menjadi sangat dingin, bahkan bisa mendekati 0 derajat celsius. Namun, pagi hingga menjelang siang, suhu udara akan semakin menghangat.

Olahraga

Persiapan fisik sebelum melakukan pendakian adalah dengan berolahraga rutin. Paling tidak 1-2 bulan sebelum pendakian gunung, olahraga intensif sudah dilakukan. Pilihan olahraganya cukup banyak. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah lari.

Anda bisa jogging setiap pagi di sekitar kompleks atau lari di threadmill. Jika tidak terbiasa berolahraga, mulailah aktivitas fisik sekitar 15-20 menit pada minggu pertama. Pada minggu berikutnya, tingkatkan durasi menjadi 20-30 menit. Minggu selanjutnya, durasi olahraga bisa ditambah menjadi sekitar 30-40 menit per hari, dan tingkatkan durasi olahraga pada minggu-minggu selanjutnya secara bertahap.

Jika Anda termasuk orang yang mempunyai mobilitas atau kesibukan tinggi, aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah naik turun tangga. Aktivitas ini bisa dilakukan di tangga sekolah, kampus, kantor, atau di rumah sendiri. Lakukan gerak naik-turun tangga dengan durasi yang bertambah setiap minggunya.

Cara lainnya adalah naik sepeda. Namun, lebih baik jika durasi naik sepeda dua kali lebih banyak dibandingkan lari. Dengan begitu, daya tahan fisik akan lebih kuat. Alternatif lainnya adalah

skipping atau lompat tali. Seperti halnya lari, tingkatkan durasi aktivitas ini setiap minggunya.

Olahraga sebelum pendakian paling baik dilakukan setiap hari. Lakukan pada pagi hari saat kondisi udara masih segar. Jika tidak, lakukan pada sore hari. Bila olahraga setiap hari tidak memungkinkan, lakukan 2-3 hari sekali.

Hindari berolahraga dengan “merapel” dalam satu hari pada akhir pekan dalam durasi terlalu panjang atau 1 jam lebih. Bukan menyehatkan, olahraga berat yang hanya difokuskan pada akhir pekan justru bisa membuat tubuh kelelahan dan justru bisa berisiko memicu gangguan jantung.

Selain berolahraga, konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Perbanyak porsi sayuran, buah-buahan, dan sumber protein seperti daging ayam, telur, dan ikan-ikanan. Cukupkan waktu istirahat baik sebelum pendakian atau saat pendakian. Kurangnya waktu istirahat bisa membuat tubuh lebih mudah merasa kedinginan. foto: shutterstock [KUL]

noted: Persiapan Fisik  Sebelum Mendaki Gunung

Comments

comments