03. Interior Skandinavia

Pemanis untuk yang Minimalis

Tren tatanan interior bergaya Skandinavia yang bergaya minimalis memang tengah digandrungi. Wajah modernitas menyeruak di tiap sudut yang bernuansa monokromatis. Kesan bersih dan apik tampil tanpa keramaian motif. Namun, bagi sebagian orang, tampilan serba modern minimalis bisa juga membawa kejenuhan dan kekakuan.

Untuk memecah kebekuan dalam ruangan bergaya minimalis ada sejumlah cara. Anda pun bisa melakukannya karena trik-trik ini cukup mudah. Mari simak satu per satu.

Pertama, berikan focal point atau sisi penarik atensi dalam ruangan. Contoh sederhananya, ruang tamu dengan sofa abu-abu, meja kaca bening, dan karpet gelap meskipun kelihatan elegan, juga bisa mengesankan kesuraman. Cobalah memberikan rona lewat throw pillow atau bantal sofa yang bermotif atau berwarna terang. Misalnya, oranye atau hijau muda. Contoh cara lainnya adalah menempatkan vas kristal warna merah pada tengah meja. Ruangan minimalis akan lebih berwarna seketika.

Kedua, kehadiran bunga tidak pernah gagal. Agar ruangan lebih “hidup”, Anda bisa menempatkan bunga segar dalam vas bening. Cara klasik, memang. Namun, lihat efeknya. Ruangan tampak lebih segar. Pilihan bunganya beragam, Anda bisa memilih bunga lokal atau bunga tropis. Misalnya, kembang sepatu atau variasi anggrek. Jika ingin tampilan elegan dan tidak ingin terlalu mencolok, pilih bunga impor seperti peoni atau japanese garden rose yang berwarna lembut.

Ketiga, berikan sentuhan seni. Tidak harus berupa lukisan. Anda pun bisa memilih patung atau ornamen seni yang disukai. Tempatkan di salah satu sisi ruangan. Jika Anda gemar bermain musik, menempatkan salah satu alat musik juga menarik. Misalnya, menempatkan piano di salah satu sudut ruangan.

Keempat, mainkan cahaya. Penerangan dari lampu yang berwarna putih terang atau kuning pada kamar mungkin sudah biasa. Beranikanlah diri untuk menempatkan warna lampu tertentu seperti merah atau biru pada sudut ruangan yang diinginkan. Misalnya, berikan penerangan lampu kehijauan pada bagian bawah patung kuda. Cara ini akan membuat ruangan lebih dramatis.

Kelima, tempatkan cermin. Lebih dari sekadar pembuat kesan, peletakan cermin dalam ruangan juga akan memberikan percik keindahan tersendiri. Jika ingin ruangan tampil lebih atraktif, pilih cermin dengan pinggiran bermotif atau menggunakan pigura dengan desain unik. Langkah sederhana ini akan membuat ruangan modern minimalis tampil beda. foto: shutterstock [KUL]

noted: Pemanis untuk yang Minimalis

Comments

comments