Serunya Acara 17an di Jasmine Garden Bintaro

Mobil Kenegaraan Era Bung Karno

Selama menjabat sebagai presiden Republik Indonesia, Soekarno atau Bung Karno sempat menggunakan beberapa mobil dalam menjalankan tugasnya. Sebagian mobil tersebut masih dalam kondisi baik dan terawat hingga saat ini meskipun kepemilikannya telah berpindah tangan. Seperti yang disarikan dari Liputan6.com dan sumber lain, berikut ini adalah mobil-mobil yang pernah digunakan Presiden Soekarno.

Chrysler Imperial

Mobil yang diproduksi Amerika Serikat ini bertenaga mesin 130 HP. Mobil ini sempat mengalami sejumlah kerusakan pada masa awal kemerdekaan Indonesia.

Cadillac 1948

Mobil sedan empat pintu ini disebutkan sebagai salah satu mobil favorit Bung Karno. Cadillac 1948, seperti sebutannya, diproduksi tahun 1948.

Chrysler Windsor Limo

Mobil keluaran Amerika Serikat ini dilengkapi mesin bertenaga 114 horsepower (HP). Tidak hanya digunakan oleh Presiden Soekarno, mobil yang diproduksi antara 1939-1966 ini juga pernah digunakan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman. Chrysler ini masih dalam kondisi yang cukup bagus saat ini.

ZILL 111 Limo

Diproduksi oleh Rusia, mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 170 kilometer/jam. Kecepatan yang cukup tinggi pada masanya.

Buick 8

Mobil yang semula dimiliki Jepang ini bertenaga mesin sekitar 141 HP. Mobil ini pernah digunakan dalam acara Konferensi Asia Afrika di Bandung. Buick 8 disebut sebagai salah satu mobil yang diproduksi secara terbatas di dunia. Mobil ini digunakan saat Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. foto: boldride.com[KUL]

noted: Mobil Kenegaraan Era Bung Karno

Comments

comments