05. Puzzle

Jadi Cerdas di Momen Senggang

Lupa menaruh kunci, mematikan keran air, dan mengingat percakapan padahal usia masih muda? Kurang fokus dan mudah lupa bisa terjadi karena dehidrasi, kurang tidur, atau beban pikiran. Namun, bila sering lupa karena menjurus ke kepikunan, ini yang mestinya dihindari. Bagaimana caranya?

Ternyata tidak sulit. Ada banyak cara yang bisa membuat pikiran tetap jernih dan otak terasah. Aktivitasnya tidak hanya belajar dan banyak-banyak membaca. Jika Anda punya waktu senggang berjam-jam dalam sehari, janganlah dihabiskan hanya dengan menonton TV. Cobalah kegiatan lain yang bisa mengasah otak di bawah ini.

  1. Belajar bahasa asing. Dewasa ini, hanya menguasai bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang mengagumkan. Jika waktu luang lumayan banyak, isi saja dengan belajar bahasa asing seperti bahasa Jepang, bahasa Mandarin, bahasa Perancis, atau bahasa Jerman. Dengan begitu, ketika bertualang ke sejumlah negara, Anda tidak selalu tergantung pada pemandu wisata jika bisa menggunakan bahasa lokal.
  2. Bermain catur. Merancang strategi menyerang, menciptakan pertahanan, dan merancang langkah. Ini yang membuat permainan catur membuat otak “berolahraga”. Pikiran pun semakin terasah berkat bermain catur.
  3. Bermain puzzle. Siapa bilang puzzle hanya permainan untuk anak-anak? Remaja atau orang dewasa pun bisa bermain puzzle. Akan tetapi, tentu saja tingkat kesulitan permainan puzzle lebih tinggi dibandingkan puzzle untuk anak-anak. Pilih gambar puzzle yang rumit, lebih banyak detail, dan berukuran besar. Menyusun puzzle bisa membuat otak lebih banyak berpikir tetapi dengan cara yang lebih fun.
  4. Belajar memainkan alat musik. Obati pikiran letih dan penat dengan bermain musik. Bagaimana jika tidak bisa memainkan alat musik? Manfaatkan waktu senggang dengan belajar memainkan gitar, piano, biola, atau alat musik lainnya. Bermain musik dikenal bisa membantu mengasah otak kanan.
  5. Jadi kolekter. Perlu diingat, menjadi kolektor tidak sama dengan penimbun barang. Seorang kolektor biasanya mencari benda-benda favorit untuk dijadikan koleksi. Biasanya barang yang dikoleksi mempunyai keunikan atau kisah tersendiri di baliknya. Kegiatan berburu barang koleksi, mencari tahu sejarah, dan menghapalkan cerita yang tersimpan dalam barang koleksi membuat otak lebih aktif.

Tidak semua cara di atas Anda lakukan. Pilih saja salah satu aktivitas yang disukai untuk mengisi waktu luang. Jika jenuh, selingi atau isi waktu senggang dengan obrolan ringan bersama anggota keluarga. foto: shutterstock [KUL]

noted: Jadi Cerdas di Momen Senggang

Comments

comments