12

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sulam Alis

Sulam alis makin populer. Alis jadi tebal dan tertata rapi. Sangat membantu karena tak perlu repot-repot melukis alis tiap hari. Namun, bagaimanapun sulam alis harus tetap aman agar tidak membahayakan kesehatan.

Sulam alis berbeda dengan tato alis. Sulam alis merupakan penanaman pigmen berwarna yang strukturnya menyerupai rambut asli. Penanaman disesuaikan dengan jalur pertumbuhan rambut. Hasilnya tampak sangat natural. Sulam alis tidak permanen dan dilakukan dalam beberapa tahap agar tampak sempurna. Bisa tahan dua sampai tiga tahun lamanya.

Bila tertarik, temukan klinik kecantikan dengan tenaga yang kompeten. Disamping ada hal-hal lain berikut ini yang perlu Anda perhatikan.

Prosedur

Dalam waktu satu hingga dua jam saja sulam alis bisa selesai dikerjakan. Sulam alis lebih cocok dan lebih mudah dilakukan pada kulit yang biasa dirawat secara alami, dibanding kulit yang banyak menggunakan produk-produk kecantikan. Alasannya, kulit yang telah melewati sekian perawatan lebih tipis dan sensitif.

Seminggu setelah penanaman dilakukan, Anda akan disarankan kembali untuk re-touch. Tujuannya untuk memperbaiki serat alis yang belum terkelupas sempurna. Untuk hasil maksimal, Anda disarankan untuk melakukan perawatan dan konsultasi setiap bulan.

Saat terbaik

Kapan saat terbaik melakukan sulam alis? Para terapis menyarankan seminggu sebelum menstruasi adalah moment yang tepat. Kulit sedang dalam kondisi paling kenyal dibanding saat yang lain. Sulam pun lebih gampang dilakukan.

Sedang sulam alis sangat tidak disarankan untuk Anda yang sedang haid, karena pori-pori kulit lebih terbuka lebar. Berbahaya bagi kesehatan kulit. Wanita hamil atau mengidap diabetes juga perlu menunda keinginan untuk melakukan penyulaman. Begitu pula bagi Anda yang punya riwayat alergi atau kulit sensitif terhadap zat baru perlu mengecek ulang sebelum melakoni sulam alis.

Pantangan

Ada beberapa pantangan yang perlu dijauhi sesudah selesai tahap penanaman. Selama seminggu bagian alis tidak boleh terkena air. Bila ingin mandi atau cuci muka tentu Anda harus ekstra waspada. Gunakan kapas atau handuk khusus agar tak mengenai alis yang sedang sensitif. Untuk sementara, alis juga tak diperbolehkan bersentuhan dengan aneka produk kecantikan, apalagi sabun.

Alis yang sudah disulam juga menjadi bengkak kemerahan dan sedikit nyeri. Keadaan tersebut sebenarnya normal, tapi tetap tak nyaman. Bisa terus berlangsung dalam beberapa jam atau baru hilang setelah dua hari. Setelah nyeri hilang, gatal mulai datang dan kulit mengelupas dengan perlahan. Jangan digaruk mesti tak tahan. Jangan pula mencopoti kulit yang rontok agar alis segera bersih. Tindakan tersebut hanya akan membuat sulam alis gagal total.

Kredibilitas salon

Cari masukan dan referensi sebanyak mungkin sebelum Anda deal dengan klinik kecantikan. Terapi yang kompeten akan dapat menunjukkan kredibilitasnya lewat sertifikat sah yang dimiliki, memberikan penjelasan yang baik, membuat sulam dengan rapi dan sesuai dengan bentuk wajah Anda, serta tidak meninggalkan efek samping yang menyakitkan. Penting pula untuk memastikan alat-alat yang digunakan steril dari kuman. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments