15

Yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Sekolah

Memilih sekolah sebaiknya jangan asal masuk saja. Jika sampai salah memilih, tidak hanya rasa sesal yang ada. Tapi dalam jangka panjang, sekolah tidak mampu menjadi tumpuan harapan orang tua dan memenuhi kebutuhan anak. Ada panduan yang dapat dipegang orang tua dalam memilih sekolah.

Memilih sekolah ibaratnya memilih rumah. Tidak hanya dihuni sekali atau beberapa kali saja, tetapi dalam durasi yang panjang. Sekolah pun digunakan selama tahunan. Bahkan kadang dalam sehari waktu dan pikiran lebih banyak dihabiskan untuk sekolah ketimbang urusan rumah.

Mendaftarkan anak pada sekolah favorit juga belum tentu langkah yang bijak. Karena, lagi-lagi, mungkin sekolah tersebut tidak mempunyai visi dan misi sesuai bayangan Anda. Bisa saja, orang tua dan anak terjebak pada rasa gengsi untuk sekadar prestise nama sekolah. Begitu masuk, muncul rasa kecewa dan anak tidak semangat lagi menempuh dunia pendidikannya.

Dari buku berjudul Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak Zaman Now, kita bisa mengambil banyak tuntunan. Buku yang ditulis oleh Bukik Setiawan, salah seorang warga Bintaro ini, sangat membantu mengurai kebuntuan orang tua yang biasanya kerap bingung saat memilih sekolah untuk anak-anaknya..

Kenali kebutuhan anak

Bayangkan, apakah sekolah mempunyai titik temu dengan kebutuhan anak? Terutama mengenai minat dan keunikan yang dimiliki oleh anak. Jangan ragu bila Anda harus observasi langsung dan mengajukan banyak pertanyaan pada sekolah. Utamakan pada tenaga pendidik yang langsung berinteraksi dengan anak, gaya pengajaran, dan kandungan materi yang dibebankan.

Hitung kemampuan uang

Walaupun masalah teknis, namun faktor finansial membuat orang tua menjatuhkan pilihan yang paling realitis. Kenyataan harga sekolah yang mahal ini dapat Anda akali dengan membuat perencaraan keuangan jauh-jauh hari. Sehingga saat anggaran mencukupi atau lebih, Anda dan anak berkesempatan mempunyai opsi sekolah yang lebih banyak.

Kenali harapan orang tua

Orang tua dapat memasukkan harapan pada sekolah yang dituju. Mungkin pengalaman proses belajar di masa lampau dapat menjadi perhitungan. Atau menitikberatkan pada fasilitas dan tujuan yang ingin dicapai sekolah juga bisa menjadi perhatian. Semata-mata untuk menjamin kenyamanan anak selama belajar di sana.

Bangun kesepakatan dengan anak

Upayakan untuk menemukan sekolah sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan anak. Misalnya anak menginginkan ada ekstra olahraga tertentu, jam masuk, tidak ada pekerjaan rumah, dan sebagainya. Dengan demikian saat anak memasuki sekolah sesuai harapan, anak siap menerima segala tantangan.

Lakukan observasi sekolah

Saat melakukan kunjungan ke sekolah, minimal orang tua dapat menelusuri ruang-ruang belajar. Orang tua akan mendapat gambaran seperti apa gedung dan fasilitas yang akan disediakan untuk anak. Selain tentu keterangan dari pihak sekolah dan informasi dari situs resminya. Namun, jangan lewatkan memperoleh opini dari para orang tua yang telah menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.

Lakukan wawancara sekolah

Lengkapi dengan interview. Sekolah yang baik tidak akan menutup diri menjelaskan semua informasi yang ingin Anda ketahui. Hasil tes wawancara akan menentukan kualitas sekolah seperti apa. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments