person-taking-photo-photographer-tourist

Wisata Religi Pengisi Rohani

Alasan spiritual kadang menjadi latar belakang sebuah wisata dilakukan. Terutama di hari-hari besar. Kota-kota suci yang berisi tempat ibadah keagamaan selalu diramaikan oleh berbagai kalangan.

Berwisata religi mempunyai banyak arti. Mungkin ritualnya sama seperti yang dilakukan di rumah. Namun mendapat sensasi yang berbeda, itulah yang mungkin banyak dikejar oleh para pengunjungnya. Di samping meresapi kembali nilai-nilai histori yang telah terukir lama di dalamnya. Tak sekadar berwisata untuk menjauhkan diri dari rutinitas pekerjaan semata.

Ada kepuasan batin yang terpenuhi setelah datang sendiri dan melihat wujud fisik kota suci. Menutup rasa penasaran atas bayangan yang dipendam selama ini. Menyegarkan jiwa dengan menyaksikan segala keindahan serta keunikannya. Pulang pun perasaan penuh dengan kedamaian, ketentraman, dan kemenangan.

Beruntungnya lagi, Anda juga bisa ikut mempelajari aneka agama dan budaya lain. Dampak positif untuk merangsang sikap toleran dan merawat keberagaman. Manfaat yang jarang didapat bila menjalani wisata yang biasa saja.

Kairo, Mesir

 

Inilah tempat rujukan untuk menimba ilmu agama Islam. Di central Kairo ada Universitas Al-Azhar dan masjid tertua di Kairo. Di sini banyak monumen yang merupakan peninggalan kejayaan Islam. Sebut saja Citadel yang dibangun Jenderal Saladin pada abad ke-12. Ada tiga masjid di sini, yaitu masjid Al-Nasir Muhammed, masjid Suleyman Pasha, dan masjid Muhammed Ali’s Alabaster.

Puaskan juga dahaga rohani Anda dengan berkunjung ke masjid besar Sultan Hassan yang dibangun pada abad ke-14 pada masa Sultan Hassan. Mata dan hati Anda akan terpukau oleh keindahan arsitektur dari masjid ini.

Bethlehem, Yerusalem

Sebagai kota kelahiran Yesus, Bethlehem juga selalu menyala oleh ramainya pengunjung. Tidak hanya mereka yang menganut Nasrani, namun juga pelancong dari berbagai belahan dunia. Terutama saat Natal yang merupakan puncak dari kedatangan peziarah. Penasaran pada gua tempat kelahiran (grotto), Notre Dame of Jerussalem Center, Church of Nativity, dan gereja-gereja lainnya. Umumnya untuk sampai ke sana, Anda harus melalui jalur Yordania terlebih dulu.

Vatikan

Negara kecil yang independen sejak 1929 silam dan menjadi rumah bagi Paus sejak 1378 ini merupakan destinasi kudus bagi umat Katolik. Ketenarannya telah menyedot perhatian dunia. Menyimpan jejak sejarah dalam berbagai bangunan gereja dan kapel yang bertebaran di tiap sisi kotanya.

Badrinath, India

Badrinath merupakan tempat suci bagi Dewa Wisnu, yang terletak di antara pegunungan Himalaya. Pada abad ke-9 raja-raja Garwhal membuat kuil ini sebagai pusat utama. Biasanya setelah sembahyang di kuil, pengunjung akan membersihkan diri di pemandian air panas suci. Yakni Tapt Kund dan Surya Kund.

Lhasa, Tibet

Disebut pula roof of the world karena letaknya di pegunungan tinggi Himalaya dan dikelilingi 1000 danau. Membuat pengunjungnya kelelahan, namun terbayar oleh indahnya Potala Palace. Pusat sejarah agama Budha dan istana tempat tinggal Dalai Lama. Pengunjung tidak bisa sembarangan masuk, karena tiap hari jumlahnya dibatasi. Karena itu lengkapi informasi dan penginapan yang memadai agar Anda tidak kecewa. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments