23

Untung Rugi Berjualan di Marketplace

Saat ini marketplace, atau yang lebih dikenal dengan tempat jualan online, menjadi tumpuan banyak pedagang. Mempertemukan pedagang dan pembeli tanpa batasan tempat dan waktu. Namun, tetap saja ada untung rugi berjualan di sana.

Secara sederhana, marketplace telah menjelma sebagai tempat titipan dagangan. Asal tidak bertentangan dengan hukum, toko online tidak pernah pilih kasih menerima barang jualan. Dia pun selalu menghubungkan dengan pedagang secepat yang dia bisa. Plus menjamin keamanan transaksi dan proses pengiriman barang.

Tren berbelanja online yang semakin marak, semakin meneguhkan keberadaan marketplace yang sangat dibutuhkan banyak orang. Baik yang ingin berdagang atau yang sedang cari barang, tinggal menuju satu tempat saja. Toko serba ada yang menawarkan harga beraneka tanpa perlu beranjak dari sofa.

Berikut untung rugi yang perlu diperhitungkan sebelum Anda memasang produk Anda di marketplace.

Gratis dan mudah

Keunggulan utamanya adalah gratis. Anda tidak akan dipungut biaya untuk membuat account, memuat foto produk berikut penjelasannya. Justru Anda tinggal menunggu saja karena sistem telah diatur sedemikian rupa oleh pihak marketplace. Kemudahan ini sangat didambakan oleh orang yang masih awam dengan urusan teknis membuat situs dan sebagainya.

Sistem lebih aman

Marketplace menjamin cara kerja yang lebih aman, dibanding apabila kita membuka toko online sendiri. Bukti transaksi tercatat rapi, tidak ada transfer abal-abal karena sudah ada rekanan dengan berbagai bank, serta transfer pembayaran sesegera mungkin ke penjual begitu barang sampai ke tangan pembeli. Jadi, hampir segala hal bisa dideteksi saat pedagang sudah terkoneksi dengan toko online ini.

Sudah tersedia pengunjung

Asyiknya lagi, tak perlu susah-susah mencari pengunjung untuk mengintip produk Anda. Brand besar yang dimiliki marketplace telah mempunyai nama tersendiri di hati para khalayak. Konsumen akan lebih tertarik menuju satu tempat, daripada memilah-memilah web hanya untuk mencari sebuah barang.

Perang harga

Kabar buruknya, Anda harus siap-siap menghadapi perang harga. Pengunjung lapak tidak akan segan-segan membolak-balik halaman untuk membandingkan harga. Antara produk Anda dengan yang berasal dari pedagang lainnya. Belum lagi masalah foto yang kurang menarik, keterangan yang tidak lengkap, atau kualifikasi lainnya. Yang akhirnya membuat calon pembeli batal melakukan transaksi untuk barang yang Anda jual.

Pembeli susah mengingat brand

Kerugian lainnya berjualan di marketplace adalah pembeli tidak mudah mengingat brand atau produk Anda pribadi. Sebab brand toko online lebih mendominasi dalam ingatan mereka. Kapanpun pengunjung membutuhkan barang, mereka cenderung langsung mengetik jenis produk yang dicari. Bukan lagi menyebut merk atau langsung mengontak nomor Anda.

Harus siap dengan aturan

Karena hanya menitipkan, jadi kita harus siap dengan segala aturan. Apalagi bila kemudian marketplace dimiliki oleh investor baru. Perubahan pasti akan berlaku juga untuk para pedagang. Entah itu berkaitan dengan pembuatan akun, batas toleransi waktu pengiriman barang, kebijakan transfer hasil penjualan ke rekening penjual, hingga aturan lainnya yang dapat membuat kita ditendang begitu saja. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments