28

Trik Menyegarkan Tanaman Kembali

Berbagai pekerjaan sudah menunggu usai mudik Lebaran. Termasuk urusan tanaman yang sempat terbengkalai. Agar tanaman kembali fit dan selalu tampil menarik bagi siapa saja yang memandangnya.

Terutama untuk Anda yang hobi berkebun. Mungkin lidah buaya, kaktus, dan cabai tak memerlukan banyak air maupun perawatan khusus. Berbeda dengan jenis bunga-bunga, daun mint, atau yang ditanam dalam media pot. Mendapat perlakuan yang tak biasa seperti hari-hari biasanya akan mempengaruhi vitalitasnya.

Nah kondisi yang demikian tentu bukan hal yang menyenangkan. Tanaman yang didamba berbunga indah dan berbuah lebat batal berproduksi. Batangnya mulai berdiri lemah, sebagian daunnya telah berjatuhan di tanah, dan sebagian lagi tinggal menunggu giliran saja. Pelan tapi pasti akan mati.

Namun jangan menunggu. Segera ambil tindakan pencegahan sebelum semuanya terlambat. Tanaman yang lesu masih dapat diobati. Kembali prima, segar menghijau, dan menemani setiap waktu. Tak perlu mencari bibit baru untuk memulai dari awal lagi. Cukup melakukan trik sederhana sebagai rangkaian perawatan.

Pindah ke ruang terbuka

Pindahkan tanaman sementara waktu ke tempat yang lebih terbuka. Untuk mendapat udara yang lebih segar dan siraman sinar mentari. Perlakuan yang sangat dinanti tanaman dalam pot setelah berada di dalam rumah saat ditinggal pergi.

Dengan membawanya ke luar, daunnya dapat menyerap udara yang lebih segar. Mendongkrak tubuhnya berproduksi seperti sebelumnya. Saat tanaman terlihat fit lagi, Anda bisa mengembalikannya ke tempatnya semula.

Suplai air lebih banyak

Siramkan air yang banyak begitu sampai di rumah. Air akan menutup dahaga dan menghilangkan jejak kekeringan yang harus dialaminya. Bila perlu berikan dalam intensitas sesering mungkin sampai tanah menjadi gembur. Agar mampu menjadi cadangan makanan yang dapat diserap kapan saja.

Namun jangan sampai kapasitas air berlebihan, apalagi menggenang. Anda juga harus memperhatian pemberian air dengan disiram biasa atau menggunakan alat semprotan khusus.

Bersihkan dari jamur dan gulma

Bebaskan tanaman dari jamur atau gulma yang mengganggu. Mereka sering muncul saat tahu tanaman lengah dari penjagaan tuannya. Cabut dan singkirkan dari bagian-bagian tanaman yang dihinggapi. Mulai dari bagian batang sampai menumpang pada bagian cabang. Dijamin tanaman lebih bahagia karena merdeka dari cengkeraman parasit.

Tambahkan pupuk alami

Selain air, Anda juga perlu menambahkan pupuk. Tak usah membeli kecuali tanaman yang membutuhkan perawatan tersendiri. Anda bisa membuatnya dari sisa-sisa tanaman. Daun-daunan dan cabang kecil yang jatuh mengering. Letakkan saja di sekeliling tanaman, siram berulang kali, dan biarkan membusuk. Pupuk alami untuk meningkatkan humus dan menjaga unsur hara di dalam tanah.

Minta bantuan

Hadirkan sang ahli saat Anda tak tahu harus bagaimana. Sesekali meminta bantuan tak ada salahnya kan? Mengatasi persoalan tanaman lebih cepat, praktis, dan taktis. Dari sekadar membersihkan sampah, merapikan rumput, sampai memberi paket perawatan dengan lengkap. Bak mendapat pijatan relaksasi untuk menjamin kesegarannya. Selanjutnya, Anda tinggal melanjutkan perawatan seperti biasanya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALABEBINTARO

Comments

comments